Thursday, 18-07-2024 06:54:39 am

Breaking News

Penyemprotan Hama, Serka Sutrisno Bantu Warga Tawangsari
Home / / Detail berita

Peduli Pendidikan Karakter, Satgas TMMD 120 Kodim Bojonegoro Motivasi Belajar Generasi Muda

AliansiRakyatNews -
(85 Views) Sabtu, 25 Mei 2024 - 11:32


BOJONEGORO, – Eksistensi TNI, dalam hal ini ratusan personel dari TNI AD, TNI AL dan TNI AU yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD ke- 120 Kodim 0813 Bojonegoro di Kecamatan Tambakrejo, tidak hanya berfokus mengerjakan program fisik saja, akan tetapi aktivitas mereka juga menyasar pada kegiatan non-fisik, salah satunya dalam dunia pendidikan terhadap generasi muda.

Peran prajurit Satgas TMMD 120 Kodim 0813 Bojonegoro ini dilakukan sebagai upaya membangun karakter bangsa dalam rangka memperkuat pendidikan karakter dan kemandirian bangsa. Dengan harapan, kegiatan program TMMD tersebut tidak hanya menghasilkan output berupa fisik semata, namun juga mampu membangun karakter bangsa khususnya generasi muda yang kompetitif dan mandiri.



Keberadaan TNI dilingkungan pendidikan tentu bukan hal baru, diantaranya seperti kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) yang dilakukan oleh prajurit. Kegiatan Komsos ini bersifat spontanitas, kreatif dan inovatif. Tak sedikit juga, anggota TNI yang mengajar di lembaga pendidikan atau sekolah-sekolah di daerah terpencil atau tertinggal, maupun terluar.

Seperti yang dilakukan, Sertu Wahyu Widodo, salah satu personel Satgas TMMD 120 Kodim 0813 Bojonegoro yang berada di Dusun Tawaran Desa Napis Kecamatan Tambakrejo. Daerah ini menjadi lokasi berlangsungnya kegiatan program terpadu dan lintas sektoral yang mengusung tema ‘Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah’.

Dengan potensi yang dimilikinya itu, Sertu Wahyu Widodo, mendampingi sejumlah anak-anak di Dusun Tawaran Desa Napis Kecamatan Tambakrejo dengan memberikan motivasi belajar dan menanamkan sikap disiplin sejak dini dalam rangka menumbuhkan kepercayaan diri.

“Kegiatan kami lakukan agar nantinya anak-anak tidak mudah menyerah, dan semakin giat dalam belajar,” kata Sertu Wahyu Widodo, Sabtu (25/5/2024).

Selain itu, pendampingan tersebut merupakan salah satu wujud kepedulian TNI terhadap generasi muda khususnya dalam dunia pendidikan. Dengan pendidikan yang baik seperti disiplin waktu dan disiplin belajar, harapanya anak-anak tersebut bisa mewujudkan cita-cita sesuai yang diharapkan.

Kepala Dusun Tawaran, Sukamto (55), menuturkan, kehadiran ratusan prajurit Satgas TMMD 120 Kodim 0813 Bojonegoro di Desa Napis khususnya di Dusun Tawaran tersebut memberikan dampak dan kesan yang sangat positif seperti dalam membangun karakter pelajar. Menurut dia, hal itu menunjukkan bahwa kedekatan antara TNI dan rakyat semakin kokoh.

“Sangat senang sekali, suasana keguyuban TNI dan masyarakat tercipta. Tidak hanya bagi kami orang dewasa, anak-anak juga sangat dekat dengan anggota Satgas TMMD 120 Kodim 0813 Bojonegoro,” pungkasnya.

Reporter – Absor

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry



Categorised in: