Sunday, 14-07-2024 11:18:44 pm

Breaking News

Pengesahan Warga Baru PSHT Cabang Tuban Polres Tuban Gelar Pengamanan
Home / / Detail berita

Henggar Harapkan Darsini Satukan Berbagai Aplikasi

AliansiRakyatNews -
(109 Views) Selasa, 27 Juni 2023 - 10:05


Pati – Penjabat Bupati Pati Henggar Budi Anggoro bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Pati Jumani, Senin (26/6) menghadiri launcing Dashboard Arsitektur SPBE Pati Informatif (Darsini) di ruang Penjawi Setda Kabupaten Pati.

Sejumlah Kepala OPD juga turut hadir dalam launcing dan penandatanganan komitmen bersama Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) ini.



Sebagai pemateri, Kadis Kominfo Kabupaten Pati Ratri Wijayanto mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk sosialisasi terkait pelaksanaan sistem pemerintahan berbasis elektronik di Kabupaten Pati.

“Dalam hal ini dashboard SPBE sebagai bayangan, dan dashboard ini semacam indikator di dalam mobil. Dimana mobil itu tadi juga akan menginformasikan berbagai instrumen yang ada”, terang Kadis Kominfo mengawali paparannya.

Ratri pun menjelaskan bahwa data pada dashboard yang telah disusun merupakan hasil survey yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu.

Harapannya, imbuh Ratri, arsitektur SPBE Kabupaten Pati yang sudah dimiliki ini dapat menjadi pedoman dalam penerapan pembangunan dan pengembangan SPBE untuk lebih meningkatkan pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya.

“Kami berharap dashboard SPBE ini bisa membantu, menistimulasi dan mengakselerasi indeks SPBE di Kabupaten Pati. Kemudian juga bisa mensinergikan seluruh stakeholder SPBE yanng ada di Kabupaten Pati ini”, terang Kadis Kominfo Pati.

Sementara itu Penjabat Bupati Pati Henggar Budi Anggoro menyambut baik launching aplikasi ini. Menurutnya, Darsini nanti dapat dimanfaatkan untuk menyatukan berbagai aplikasi yang saat ini sudah ada di Kabupaten Pati.

Saat ini, lanjut Henggar, total aplikasi yang erat kaitanya dengan pelayanan masyarakat dan aplikasi lainnya totalnya ada 259 aplikasi.

“Akeh yo pak, 259 ini kadang-kadang kita sendiri di salah satu OPD kadang banyak yang lupa. Itulah makanya Pak Kepala Dinas Kominfo akan menyatukannya”, imbuh Henggar.

Pihaknya juga berharap bahwa nantinya Darsini mampu menyatukan aplikasi-aplikasi yang saat ini sudah dikembangkan dan berjalan di beberapa OPD di Kabupaten Pati.

“Jadi ke depan kami berharap agar aplikasi-aplikasi ini bisa disinkronkan menjadi satu kesatuan di dalam SPBE ini. Sehingga betul-betul mampu kita gunakan dalam rangka memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat”, tegasnya

Dengan demikian, imbuh Henggar, nantinya pemerintah mampu memberikan pelayanan yang mudah, cepat dan tidak terbatas oleh waktu.

Di akhir launching aplikasi ini, sejumlah Kepala OPD juga melaksanakan tanda tangan sebagai wujud komitmen bersama dalam melaksanakan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) ini. (fn5/FN /AP)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry



Categorised in: