Saturday, 28-01-2023 06:26:18 am

Breaking News

Ratusan Santri Ponpes Miftahul Ulum Sukorejo Tambakrejo Ikuti Vaksinasi Kodim Bojonegoro
Home / / Detail berita

Raup Untung Sangat Manis..!! Melon Kudus Tahun Ini Semanis Harganya

AliansiRakyatNews -
(348 Views) Selasa, 11 Mei 2021 - 6:22


Kudus-Desa Pasuruhan lor Kecamatan Jati Kudus sudah lama menjadi sentra buah melon. Para petani melon tahun ini mendapatkan keuntungan yang besar karena hasil panennya sangat bagus.

“Hasil panen kali ini bagus karena cuaca sangat mendukung dikarenakan tidak banyak hujan yang turun pada Mei hingga saat panen melon. Ditambah lagi harga pasaran melon yang tinggi,” kata petani melon asal Dukuh Goleng Supriyanto (44) pada Selasa 11 Mei 2021.



Selain faktor cuaca yang bagus sehingga mudah dalam biaya perawatan dan menghemat biaya produksi, keuntungan petani melon juga disebabkan meningkatnya harga melon yang mencapai Rp7000 perkilogram di tingkat petani.
Harga yang tinggi tersebut diakibatkan tingginya permintaan baik dari tingkat lokal maupun permintaan dari beberapa kota besar seperti Jakarta dan kota lain di Jawa dan Bali yang melonjak selama Bulan ramadhan ini.

Lanjut Supriyanto menuturkan,” Tahun ini petani benar-benar menikmati untung yang sangat bagus Di Bandingkan dari tanaman yang pada tahun sebelumnya Per seribu tanaman melon dihargai sekitar Rp 7.500.000 tapi di tahun ini bisa laku Mencapai Hinga Rp 10.000.000 Sampai 12.000.000.

Sementara, tengkulak melon Ulis (47) mengatakan, pemintaan melon dari Jakarta sangat tinggi hingga mengalami kenaikan hingga 50 persen.
Belum lagi permintaan dari lokal Kudus, Pati, Demak, Jepara selama Bulan Ramadhan terlebih menjelang perayaan Idhul Fitri.

“Tingginya permintaan pasar membuat kami harus memborong tanaman buah petani agar kami tidak kekurangan stock. kami menghargai buah melon berdasarkan jumlah tanaman bobot buah dan kwalitas buah,”Pungkas Ulis(Km/Red)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry



Categorised in: