Friday, 29-03-2024 05:43:13 am

Breaking News

Komandan Kodiklatal Terima Kunjungan Kadiskual
Home / / Detail berita

Wabup Tuban Berharap Masyarakat Menjaga Mata Air Beron

AliansiRakyatNews -
(906 Views) Selasa, 9 April 2019 - 1:39


Tuban – Wakil Bupati Tuban, Ir. H. Noor Nahar Hussein, M.Si hadiri acara Jalan Sehat dan Bersih-Bersih Sungai Beron Dalam Rangka Harlah Pondok Pesantren Manbaul Huda (Al Hadi) Ke-17 di Desa Banjararum Kecamatan Rengel, Minggu (07/04/2019). Hadir pula pada kegiatan ini Anggota DPRD Tuban, Camat Rengel dan Kepala Desa serta masyarakat sekitar.

Pada kesempatan ini, Wabup juga melaksanakan penandatanganan Nota kesepahaman (MOU) tindak lanjut Program Pro Kasih (Program Kali Bersih) dengan Ponpes Manbaul Huda, PC LPPNU Tuban, Pemerintah Kecamatan Rengel, dan Pemerintah Desa Punggulrejo, Desa Banjararum, Desa Prambon Wetan dan Desa Campurejo. Program tersebut meliputi penyediaan bank sampah, penataan kawasan wisata alam, pencanangan desa buah, desa agro, dan Rengel bebas ODF (Tidak buang air besar sembarangan).

Pengasuh Ponpes Al Hadi, Kyai Ahmad Damanhuri menuturkan bahwa selain memperingati Harlah Ponpes yang diasuhnya, Kegiatan ini bertujuan sebagai bentuk aksi bersih sungai menuju Rengel yang lebih Sehat, Peduli, Bersinegi, Berdaya, Berbudaya, dan bermatabat.



“harapannya agar masyarakat sadar akan pentingnya Sumber Daya Alam, dimana sungai sebagai sumber kehidupan, sehingga tidak lagi membuang sampah, buang air besar, limbah rumah tangga di sungai yang pada akhirnya dapat merusak zona konservasi maupun hutan serapan air.” Ujarnya

Lebih lanjut Kyai Damanhuri juga mengajak segenap masyarakat dapat menjaga kebersihan ponpes dan lingkungannya serta mengaktifkan ponpes sebagai ajang kretivitas para santri mulai dari pendidikan, kesehatan serta usaha kreatif santri.

“Inilah program-program yang di inisiasi dan di mulai oleh Pondok Pesantren Al Hadi, apabila hasil dan pelestariannya bagus akan dikembangkan pada desa sekitar menjadi desa agrowisata, Semoga dapat terwujud dan berjalan dengan lancar atas dukungan dari Pemkab Tuban,” harapnya.

Sementara itu dalam sambutannya Wakil Bupati Tuban, Ir. H. Noor Nahar Hussein, M.Si mengapresiasi atas kegiatan ini, dimana Pondok Pesantren peduli terhadap lingkungan dan kelestarian sumber air di wilayahnya.

“Kegiatan hari ini sangat luar biasa, dimulai dengan bersih-bersih di Sendang Beron sampai dengan sungai Prambon Wetan. Saya sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada pondok pesantren Al Hadi beserta seluruh santrinya yang peduli dan ikut melestarikan lingkungan hidup,”terang Wabup asal rengel ini.

Lebih lanjut orang nomer dua di Tuban ini juga mengajak kepada masyarakat untuk bisa menjaga kebersihan sungai serta dapat memanfaatkan sumber daya alam di desa sebagai potensi wisata sesuai kebutuhan desa masing-masing.

Melalui MOU yang telah ditanda tangani dengan 4 desa Wabup juga berharap dapat menjadi pengikat semua desa untuk bersama-sama memperhatikan sumber air beron agar dapat dikonservasi dengan baik.

“Harapannya, untuk keempat Kepala Desa mulai Punggulrejo, Campurejo, Banjararum dan Prambon Wetan melalui Camat Rengel, agar semakin memahami akan pentingnya mengelola mata air Beron untuk kesejahteraan dan kemajuan bersama, dikarenakan sumber mata air tersebut dapat menghidupi masyarakat sekitar”. imbuhnya

Karena mengingat otoritas sumber mata air beron merupakan kewenangan Provinsi Jawa Timur, Wabup mengatakan akan berkoordinasi lebih lanjut dengan DPRD Kabupaten Tuban, DPRD Provinsi Jatim serta Pemerintah Provinsi Jatim agar keberadaannya lebih dapat diperhatikan dan bermanfaat bagi masyarakat.

(Mj/Ml)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry



Categorised in: