Thursday, 25-04-2024 02:04:13 am

Breaking News

Siap Amankan Pemilukada Serentak, TNI Polri di Bojonegoro Adakan Upacara Bersama
Home / / Detail berita

BUMDes Bandungrejo Terus Berupaya Meningkatkan Kapasitas Kepengurusan Dan Kelembagaannya.

AliansiRakyatNews -
(738 Views) Minggu, 4 Maret 2018 - 12:37


Bojonegoro (NGASEM) – Setelah melaksanakan revitalisasi kepengurusan, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bandungrejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, terus berupaya meningkatkan kapasitas kepengurusan dan kelembagaannya.

Salah satunya dilatih penyusunan sebuah rencana usaha yang melibatkan tujuh anggotanya dari warga Bandungrejo.



Public Government Affairs & Relation Manager Government Affairs & Relation Manager PEPC, Kunadi, menjelaskan rencana usaha BUMDes ini mencakup kriteria persyaratan bisnis secara umum, antaralain aspek keuangan, aspek pemasaran, aspek produksi, aspek penyediaan sarana prasarana, aspek HSSE, aspek administrasi, aspek personalia, aspek regulasi.

Pelatihanini, lanjut Kunadi, merupakan bagian dari Program Peningkatan Mata Pencaharian Masyarakat Berbasis Potensi Lokal Melalui Optimalisasi Peran BUMDes yang diinisiasi PT Pertamina EP Cepu (PEPC), operator Lapangan Gas Jambaran-Tiung Biru (JTB).

“Ini sebagai bentuk komitmen perusahaan untuk memberdayakan masyarakat sekitar wilayah operasi,” tegas Kunadi.

Program kemitraan ini melibatkan sejumlah lembaga diantaranya lembaga nirlaba dari Bojonegoro dan juga Praktisi dan Konsultan Peternakan, drh. Suparto.

“Masyarakat Bandungrejo juga diajak untuk mengunjungi kandang ayam petelur salah satu peternak di Bandungrejo. Di sana mereka belajar bagaimana peternak memulai usaha ayam petelur hingga menghasilkan telur dan kemudian memasarkannya,” jelas Kunadim.

Sebelumnya para pengurus BUMDes ini mengikuti pelatihan teknis budidaya ayam petelur yang diadakan pada tanggal 12Februari2018 yang dihadiri Camat Ngasem, Dinas Peternakan dan Perikanan Bojonegoro, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD), serta Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda). Calon peternak ayam dilatih memilih bibit ayam, membuat kandangayam hingga kepenempatan perabot untuk makandan minum, pemeliharaan ayampetelurnya sendiri hingga cara pengambilan ayam petelur.

Setiap piloting project BUMDes Bandungrejo akan melakukan budidaya ayam petelur dalam skala 1000ekor sebagai pilot project unit bisnis BUMDes. Camat Ngasem, Mahmudin, menyatakan, keberlangsungan proyek migas tidak lama, karena itudibutuhkan cara agar masyarakat desa di sekitar wilayah operasibisa merasakan manfaat bekelanjutan dari pengembangan proyek migas ini.

“Salah satunya melalui rintisan usaha seperti ini,” tegasnya.

Praktisi dan Konsultan Peternakan, drh. Suparto, menambahkan, usaha ini sangat potensial sekali pasarnya, biladikelola denganbaik akan memberikannilai ekonomiyang bagusbagi BUMDesdan masyarakat. Pihak Pemdes Bandungrejo sendiri telah menyediakan tanah kas desa seluas 2500 meterpersegi untuk lokasi kandang ayam sebagai bentuk penyertaan modal BUMDesa.

(Agus-Kominfo)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry



Categorised in: