Monday, 26-09-2022 11:14:56 pm

Breaking News

Jum’at Berkah,Anggota Polsek Parengan Antarkan Mbah Pujiati Kerumah Cucunya
Home / / Detail berita

Tinggal di Bantaran Sungai, Nenek Kaelah Hidup Dari Belas Kasihan

AliansiRakyatNews -
(756 Views) Sabtu, 27 Januari 2018 - 11:11


Kudus – Kisah seorang Nenek Kaelah warga Desa Temulus Kecamatan Mejobo ini tak kalah menyedihkan dengan warga miskin lainnya.

Kaelah, nenek berusia 72 tahun ini sudah lama tinggal di bantaran kali ujung selatan Desa Temulus.

Sepintas jika kita melihat sebuah bangunan tembok kecil ukuran 3 x 4 meter itu mungkin kita mengira Pos Kamling, akan tetapi ternyata itu adalah tempat tinggal Nenek Kaelah. Itupun hasil derma gotong royong warga sekitar yang tidak tega melihat rumah Nenek Kaelah yang nyaris rubuh.



Prayitno(33) tetangga Nenek Kaelah menuturkan, Warga tidak tega dengan kondisi nenek yang tidak punya tempat tinggal dan kondisinya sakit dan untuk berjalan saja Nenek harus menggunakan Penopang.

Lebih lanjut Prayitno menuturkan,”tiap hari nenek Kaelah hidup dari tetangga yang iba dengan datang memberi makanan atau yang lain. Dan apabila warga lupa hingga tidak ada yang datang memberi makanan, maka hari itu Nenek Kaelah mungkin juga tidak makan”.

Prayitno menambahkan,”Sejak dulu Nenek memang menderita sakit pada kaki hingga mengakibatkan susah untuk berjalan dan melakukan kegiatan sehari-hari. Hanya pertolongan warga tetangga yang membantu untuk mandi ataupun ganti pakaian” Tutur Prayitno.

Kasi Kesra Desa Temulus Nor Winoto menuturkan kepada aliansirakyatnews.com , “Untuk Nenek Kaelah dulunya punya tempat tinggal. Namun informasinya dulu di jual. Nenek tidak punya anak dan sudah lama sekali hidup sendiri sejak Suaminya meninggal”.

Lebih lanjut Nor Winoto,”Memang benar Nenek tinggal di rumah hasil sosial warga yang secara sukarela membangunkannya rumah di bantaran kali itu, Kondisinya sakit. Dari¬†pemerintah Desa telah memberikan tiap bulannya berupa Raskin, Rastra serta jika ada bantuan sosial dari manapun ke Desa selalu Kami arahkan kepada Nenek Kaelah.” Tutur Nor Winoto.

Ketika Kami menanyakan tentang adakah Program Bedah Rumah Nor Winoto menjawab, “Kami tidak dapat mengusulkan itu di karenakan Nenek Kaelah tidak punya tanah tempat tinggal. Tanah yang di tempati Nenek itu adalah tanah milik PSDA.

Dari penelusuran aliansirakyatnews.com juga mendapati Nenek di Desa Temulus yang kondisinya cukup memprihatinkan, dan besar harapan nenek tersebut dapat uluran tangan.

Penulis : Kasrum/Puput

1
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry



Categorised in: