Thursday, 25-04-2024 11:10:40 am

Breaking News

Kabupaten Pati jadi Tuan Rumah Kejuaraan Atletik Kelompok Umur Tingkat Jateng
Home / / Detail berita

Untuk Keselamatan Penumpang, Satlantas Bersama Kapolres Bojonegoro Adakan Tes Urine Pada Pengemudi

AliansiRakyatNews -
(714 Views) Sabtu, 30 Desember 2017 - 3:18


aliansirakyatnews.com, Bojonegoro – Untuk menjamin kelancaran dan keselamatan sopir dan penumpang angkutan umum dalam rangka libur tahun baru, Kapolres Bojonegoro AKBP Wahyu S Bintoro, memimpin langsung tes urine sopir bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) di Terminal Rajekwesi Kota Bojonegoro, Sabtu (30/12/2017) sekitar pukul 13.00 WIB.

Dikatakan oleh Kapolres, tes urine dilakukan oleh Polres Bojonegoro karena pihaknya ingin memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang ingin berlibur menggunakan angkutan umum, serta mencegah penyalahgunaan narkoba oleh sopir bus.



“Kita lakukan ini untuk mengantisipasi sopir supaya tidak ada yang menggunakan narkoba saat mengemudi, karena terkadang mereka berpikir dapat menambah stamina bila menggunakan narkoba, yang pasti bisa berbahaya kalau sopir membawa penumpang dengan mengkonsumsi narkoba,” Ujar Kapolres Bojonegoro, AKBP Wahyu S Bintoro.

Dalam perbincangannya dengan awak bus, Kapolres juga mengingatkan agar sebelum menjalankan mesin kendaraan dan memberangkatkan penumpang, agar sopir bus memimpin doa supaya diberikan keselamatan di jalan hingga sampai ditempat tujuan.

“Jangan menggunakan obat-obatan sebagai penambah stamina, agar selalu dalam kondisi fit maksimalkan istirahat kalau sudah sampai terminal,” pesan Kapolres.

Dari pemeriksaan yang dilakukan, ada sebanyak 21 pengemudi bus beserta keneknya dilakukan pemeriksaan, namun tidak satupun ditemukan para pengemudi bus yang menggunakan narkoba maupun obat-obatan terlarang serta mengkonsumsi miras.

Pada kesempatan yang sama, Kapolres juga menyempatkan memberi himbauan kepada calon penumpang agar saat bepergian tidak menggunakan perhiasan yang mencolok, sehingga dapat mengundang para pelaku kejahatan untuk melakukan tindakan perampasan atau perampokan. Jika mendapati supir bus ugal-ugalan saat mengemudikan kendaraan, Kapolres mengingatkan penumpang untuk menegur supir tersebut ataupun melaporkan kepada anggota Kepolisian terdekat.

Pada kegiatan tes urin juga dihadiri oleh Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Arh. Redinal Dewanto, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bojonegoro Iskandar, Wakapolres Bojonegoro Kompol Dodon Priyambodo, SH., SIK., M.Si, Kabag Ops Polres Bojonegoro Kompol Teguh Santoso, SE, Kasat Lantas Polres Bojonegoro AKP Aristianto BS. SH., SIK., MH.

Penulis : Agus
Editor : Red
Publisher : Admin

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Categorised in: