Thursday, 28-03-2024 10:58:56 pm

Breaking News

Ciptakan Pemilukada Damai, Polres Gresik Adakan Gowes Bareng
Home / / Detail berita

Granat Masih Aktif Ditemukan Warga Japah Blora

AliansiRakyatNews -
(822 Views) Kamis, 26 Oktober 2017 - 1:03



Reporter : Red

aliansirakyatnews.com, BLORA – Warga Kecamatan japah, khususnya Desa Padaan pada hari Selasa (24/10/2017) dibuat heboh dengan adanya penemuan granat aktif yang diduga adalah peninggalan zaman penjajahan Belanda.

Mereka takut jika sewaktu waktu granat naas tersebut meledak. Penemuan itu terjadi di sebuah lahan pekarangan milik Sugeng (46) yang sedang menggali tanah untuk tempat sampah.



Berdasarkan keterangan yang disampaikan Sugeng, saat itu ia sedang mencangkul tanah untuk lubang pembuangan sampah dekat pohon bambu tidak jauh dari rumah yang bersebelahan dengan persawahan.

“Waktu itu saya sedang menggali tanah untuk pembuangan sampah, sampai kedalaman 1,5 meter menemukan benda aneh yang saya kira adalah batu,” kata Sugeng.

Awalnya ia tidak tahu kalau benda itu merupakan granat. Sejak ditemukan, benda itu langsung ia taruh di tumpukan galian bahan bangunan yang tidak jauh dari lokasi penggalian.

“Sadarnya tadi, saya kira adalah batu, tidak tahunya adalah granat aktif,” lanjutnya.

Karena takut bisa meledak, ia pun langsung melaporkan penemuan itu ke Polsek Japah agar bisa dijinakkan. Pasalnya keluarganya takut jika granat tersebut meledak.

Tak lama berselang, Kapolsek Japah Kompol Daryoto bersama anggota datang menemui warga yang mengamankan Granat tersebut untuk mengambilnya guna diamankan di kantor Polisi Polsek Japah.

Tak ingin mengambil resiko, berbekal ilmu cara dasar menjinakan Bom, Kapolsek Japah Kompol Daryoto bersama anggotanya dapat mengevakuasi Granat aktif temuan warga dan selanjutnya diserahkan ke Polres Blora.

Dari hasil penyelidikan sementara, granat yang ditemukan tersebut berjenis nanas. Diduga, granat aktif itu merupakan peninggalan Belanda pada zaman penjajahan dulu.

“Barang bukti granat nanas sudah dibawa dan diserahkan ke bagian jihandak Polres Blora,” kata Kompol Daryoto.

Editor : Red

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Categorised in: