Friday, 26-04-2024 01:40:08 pm

Breaking News

Konferensi Kades Se Kecamatan Widang, Camat Tekankan Tiap Desa Siap Didatangi BPK

Kirab Gunungan Warnai Sedekah Bumi Desa Kesongo

AliansiRakyatNews -
(2032 Views) Sabtu, 7 April 2018 - 6:23



Bojonegoro(Kedungadem) – Acara sedekah bumi memang sudah menjadi tradisi di kecamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegori terutama di Desa Kesongo, beragam Menu dan Gunungan dibawa ke punden untuk memperingati acara sedekah bumi, Sabtu 7 April 2018.

Kegiatan ini sudah berlangsung sejak ratusan tahun yang lalu melalui budaya adat orang Jawa yang selalu mengedepankan unsur gotong royong masyarakat.

Keluhuran budaya inilah yang terus dijaga dalam hal kearifan lokal masyarakat Desa Kesongo. Karena budaya adalah kasta tertinggi dalam hal kearifan lokal masyarakat sebagai unsur pemersatu bangsa Indonesia.



Dimulai kegiatan star dari kediaman Kepala Desa Kesongo menuju Punden atau makam Desa Kesongo, acara ini di ikuti oleh Semua Perangkat Desa Dan Masyarakat Kesongo, serta Semua Perguruan Silat yang Ada Di Desa Kesongo dengan di iringi Hadroh Rebana untuk mengiring nasi tumpeng dan gunungan yang berupa Hasil Pertanian desa setempat yang akan di bawa ke punden Pundi Agung Desa Setempat.

Desa Kesongo sendiri merupakan Desa yang terletak di kecamatan Kedungadem Paling Selatan dan berbatasan dengan Kabupaten Lamongan Dan Nganjuk yang rata rata masyarakatnya bermata pencaharian sebagai petani, dalam mensyukuri nikmat kepada Allah SWT, selain mengadakan bancakan syukuran, desa Kesongo juga mengadakan tontonan pagelaran Langen Tayub dan acara lainnya untuk memeriahkan sedekah bumi di desa tersebut.

“Kegiatan sedekah bumi ini harus dilaksanakan secara terus menerus karena kegiatan ini merupakan bentuk rasa syukur kepada Allah SWT dan juga merupakan bentuk budaya yang harus dilestarikan sampai ke anak cucu”, Ujar Suto selaku Kepala desa Kesongo.

Kepala Desa Kesongo juga menyampaikan dengan diadakannya acara sedekah bumi ini bertujuan untuk memberikan motivasi dan kebanggan terhadap desa yang dimiliki, dan kepala Desa berharap dengan di adakan acara sedekah bumi ini sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT kedepannya supaya di berikan kehidupan yang lebih baik lagi tambah maju khususnya warga desa Kesongo di berikan kesehatan keselamatan tidak ada halangan suatu apa pun.

Kepala Desa Kesongo juga mengatakan banyak terima kasih kepada warga desa Kesongo atas partisipasinya dalam mengikuti acara sedekah bumi ini.

Setelah Rombongan Kirab Sampai Di Punden Pundi Agung, Acara di isi mauidloh Khazanah oleh KH. Khamim Sanadi Dari Baureno, yang mana beliau mengajak Seluruh Masyarakat untuk senantiasa selalu melestarikan Budaya Jawa dan agar di terapkan dalam kehidupan Sehari-hari.

Acara selesai dan ditutup dengan do’a dan makan bersama di lokasi sedekah bumi dengan bertukar ambeng mereka masing-masing.

Setelah acara Di Punden Agung selesai acara dilanjutkan dengan hiburan Langen Tayub Dihalaman Rumah Kepala Desa Kesongo.

(Agus)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry



Categorised in: ,