Friday, 26-04-2024 09:50:08 am

Breaking News

Sambang Desa, Kapolsek Parengan Berikan Binluh Pada Banser
Home / / Detail berita

Kirab Gunungan Hasil Bumi 1 Muharam 1439 H Dukuh Goleng Pasuruhan Lor Kudus Sangat Meriah

AliansiRakyatNews -
(1075 Views) Kamis, 21 September 2017 - 4:45


aliansirakyatnews.com, KUDUS – 1 Muharam adalah hari berbahagia bagi semua muslim, Karena hari itu adalah hari pertanda dimulainya tahun baru dalam penanggalan Islam. Tak terkecuali bagi warga dukuh Goleng Desa Pasuruhanlor Kudus kemarin 21/9/2017.

Semua warga berbondong berkumpul merayakan peringatan tahun baru dengan membawa hasil bumi sayur, tomat, cabe, melon, semangka dan hasil bumi lainya untuk disusun membentuk gunungan dan diarak keliling kampung. Dari yang tua muda pria wanita juga anak-anak larut dalam suasana suka ria
hal tersebut dilakukan warga setiap tahun sebagai tanda rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa serta dimulainya tahun baru Hijriyah 1 Muharam 1439 H.

Ketua panitia perayaan H. Kasrum mengatakan “acara ini terselenggara atas murni partisipasi warga mulai dari hasil bumi dan biaya masyarakat sendirilah yang membawa”.



Selain itu Kepala Desa Pasuruhanlor Noor Badri menambahkan “acara kirap hasil bumi ini punya maksut ungkapan rasa syukur warga kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala kelimpahan rahmat rezeki berupa hasil bumi dan juga teriring harapan agat kedepan seluruh warga desa dijauhkan dari mara bahaya”

Acara peringatan tahun baru di dukuh Goleng tersebut dirangkai dengan pagelaran wayang kulit semalam suntuk pada keesokan malamnya.

Reporter : Kasrum

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry



Categorised in: