Monday, 04-12-2023 01:18:22 pm

Breaking News

Mokong, Galian Tanah Urug Di Desa Simo Ditutup
Home / / Detail berita

Dapat Saran dari Menteri, Kabupaten di Sulawesi Tenggara Ini Langsung Belajar Nila Salin ke Pati

AliansiRakyatNews -
(91 Views) Sabtu, 13 Mei 2023 - 11:11


Pati – Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro, Jumat malam (12/5), menerima kunjungan Bupati Kolaka Provinsi Sulawesi Tenggara di ruang Pringgitan Pendapa Kabupaten Pati.

Kunjungan ini dilakukan dalam rangka untuk studi banding budidaya ikan Nila Salin.



Hadir pula dalam kesempatan itu, Sekda, Asisten Sekda, Kepala Bappeda, serta perwakilan Dinas Kelautan dan Perikanan.

Bupati Kolaka sendiri hadir didampingi anggota DPRD, instansi yang membidangi serta para pelaku usaha.

Pj Bupati dalam sambutannya menyampaikan semboyan Pati Bumi Mina Tani. “Semboyan ini merupakan cita-cita pemerintah Kabupaten Pati yang ingin memajukan dan menyejahterakan daerah lewat hasil bumi pertanian (tani) dan perikanan (mina). Karena memang Kabupaten Pati mempunyai alam geografis yg cukup lengkap, yakni ada pegunungan, laut dan juga ada aliran sungainya”, tutur Henggar.

Pati, imbuh Pj Bupati, adalah daerah dengan produksi ikan yang cukup besar, selain perikanan budidaya Pemkab juga membina perikanan tangkap.

“Kami mempunyai pelabuhan-pelabuhan perikanan. Ada tujuh TPI, dua diantaranya merupakan TPI yang cukup besar yakni TPI 1 dan TPI 2, dengan jumlah hampir 1000 kapal dan terletak di Kecamatan Juwana”, tambahnya

Sedangkan untuk perikanan budidaya, imbuh Henggar, Pati mempunyai tambak-tambak yg tersebar di beberapa wilayah. “Dan memang betul salah satunya adalah budidaya ikan nila salin yang bapak-bapak maksudkan. Budidaya nila salin sudah kami bina beberapa waktu yang lalu dan alhamdulillah untuk produksi ikan nila salin di kabupaten Pati berkembang degan baik”, lanjutnya.

Pj Bupati kemudian meminta Dinas Kelautan dan Perikanan untuk mendampingi ke lokasi budidaya Nila Salin. “Tentunya ini perlu dilakukan guna mendapatkan semua bahan yg dibutuhkan Bapak-Bapak sekalian”, tutur Henggar.

Pj Bupati pun mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada Kabupaten Pati. “Semoga ini menjadi pelecut bagi kami untuk berusaha lebih baik demi memajukan dan menyejahterakan daerah lewat hasil bumi pertanian dan perikanan”, tambahnya.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Kolaka Ahmad Syafei menyebut di tunjuknya kabupaten Pati sebagai tempat rujukan dalam kunjungan kerja ini adalah atas petunjuk dari Menteri Perikanan dan Kelautan yang sebelumnya berkunjung ke Kabupaten Kolaka. (fn2/FN/AP)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry



Categorised in: