Tuesday, 06-12-2022 01:28:52 am

Breaking News

Peringati HUT RI Ke-77, Kapolsek Bantaran Hadiri Giat Jalan Santai Berhadiah Didesa Besuk
Home / / Detail berita

Pj Bupati Buka LT III Pramuka Penggalang Kwarcab Pati

AliansiRakyatNews -
(40 Views) Jumat, 28 Oktober 2022 - 3:20


Pati – Penjabat (Pj) Bupati Pati Henggar Budi Anggoro, Jumat (28/10), membuka Lomba Tingkat (LT) III Regu Pramuka Penggalang Kwartir Cabang (Kwarcab) Pati Tahun 2022 di SMPN 6 Pati.

Pj Bupati yang bertindak sebagai pembina upacara menyampaikan apresiasi sekaligus menyambut baik penyelenggaraan LT III Gerakan Pramuka Kwarcab Pati tersebut.

Ia menyebut, kegiatan yang diselenggarakan dua tahun sekali ini merupakan ajang kompetisi sekaligus unjuk kompetensi bagi Pramuka penggalang, baik beregu maupun perorangan. Mulai dari LT I di tingkat gugus depan/sekolah, LT Il di tingkat Kwartir Ranting/kecamatan, LT III di tingkat Kwartir Cabang/kabupaten, LT IV di tingkat Kwartir Daerah/provinsi, dan LT V di tingkat Kwartir Nasional.



“Untuk itu saya berpesan agar para peserta lomba bersemangat serta antusias untuk menampilkan yang terbaik karena LT IV Jawa Tengah yang terakhir digelar pada 2017 akan diselenggarakan kembali,” papar Henggar.

Ia pun meminta para peserta bersaing secara sehat dengan menjunjung tinggi nilai kejujuran agar dapat meraih predikat terbaik.

“Harapannya, karena pemenang dalam LT III ini akan menjadi yang terpilih untuk mewakili ke jenjang selanjutnya, maka motivasi dan semangat juang untuk menjadi yang terbaik harus selalu ditingkatkan agar mampu mengharumkan nama Kwarcab Pati di LT IV Jawa Tengah bahkan hingga ke LT V Nasional,” ucap Henggar.

Menurutnya dalam lomba ini para peserta juga akan mendapatkan pengalaman yang berharga baik berupa keterampilan baru, nilai persahabatan, penguatan kedisiplinan, kemandirian dan rasa tanggung jawab, serta penghayatan dan penerapan nilai-nilai dalam Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka.

“Pesan saya, terapkanlah hal-hal yang berharga tersebut dalam kehidupan,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia, Ahmada Mangkunegara, menjelaskan bahwa LT III Kwarcab Pati 2022 bertujuan untuk membina dan mengembangkan penghayatan kode kehormatan yang berupa Janji Trisatya dan Dasadharma Pramuka, serta memupuk persaudaraan dan persatuan di kalangan para Pramuka Penggalang.

“Selain itu juga untuk memberikan wadah bagi Penggalang yang berprestasi di tingkat Ranting (LT-II) untuk meningkatkan keberanian, keterampilan, pengetahuan, dan semangat juang meraih cita-cita,” imbuh Henggar.

LT III Kwarcab Pati 2022 sesuai jadwal, akan dilaksanakan pada 28 sampai 29 Oktober di SMP Negeri 6 Pati.

Adapun tema kegiatan kali ini ialah “Penggalang Cerdas, Kreatif, Tangguh, dan Berkarakter”.

Kegiatan ini diikuti 15 kontingen kwartir ranting.

Tiap kontingen ranting terbagi dalam dua regu, yakni putra dan putri.

Tiap regu beranggotakan 8 pramuka penggalang.

Selain itu tiap kontingen ranting juga didampingi satu pembina penggalang putra, satu pembina penggalang putri, dan satu orang Pimpinan Kontingen Ranting (Pinkonran).

“LT III Kwartir Cabang 2022 dibagi dalam empat jenis kegiatan, yakni kegiatan umum perkemahan, kegiatan tantangan keterampilan kepramukaan, kegiatan persaudaraan dan kreativitas pramuka, serta kegiatan wawasan dan pengembangan diri,” papar Ahmada.***

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry



Categorised in: