Saturday, 28-01-2023 07:59:49 am

Breaking News

Kemendagri Siapkan Agenda Strategis Perencanaan Pembangunan 2023-2025
Home / / Detail berita

Kades Pandansari Tiarso Hadirkan Berbagai Hiburan Di Puncak Perayaan “Karo”

AliansiRakyatNews -
(154 Views) Jumat, 26 Agustus 2022 - 3:59


 

 



 

Probolinggo – Kepala Desa Pandansari Tiarso ikuti prosesi puncak perayaan hari raya “Karo” sekaligus sambut HUT kemerdekaan RI ke – 77 tahun 2022. Bertempat di Desa Pandansari Kecamatan Sumber Kabupaten Probolinggo bersama warga masyarakat suku tengger Pandansari, menjalankan ritual prosesi puncak perayaan hari raya “Karo”. Rabu siang (24/08/2022)

 

Dalam pantauan awak media, kegiatan puncak perayaan hari raya “Karo” dihadiri oleh Camat Sumber Widodo beserta jajarannya, Camat Bantaran Saniwar, personil Polsek Sumber, anggota Koramil 0820/11 Sumber, Kepala Desa Pandansari Tiarso beserta seluruh pemerintah desa Pandansari.

Kegiatan puncak perayaan hari raya “Karo” ini adalah rangkaian kegiatan sebagai penutup perayaan hari raya “Karo” dengan melaksanakan Nyadran atau Sadranan yang artinya ruwah syakban dalam bahasa jawa. Tradisi ini masyarakat melakukan tabur bunga ke makam leluhur yang diawali dengan pemberangkatan sadranan dari rumah Romodukun menuju makam yang diiringi jaran kencak dan tabuan ketepong. Selain itu juga ada hiburan lain ciri khas warga masyarakat suku tengger Pandansari diantaranya Tayub ala tengger, Kepang, Ujung dll.

Saat ditemui awak media seusai kegiatan, Kepala Desa Pandansari Tiarso menyampaikan bahwa “saya sangat berterima kasih atas antusias warga masyarakat suku tengger Pandansari dan pemerintah desa (Pemdes) Pandansari, serta Muspika Kecamatan Sumber baik dari jajaran kecamatan, Polsek maupun Koramil Sumber yang telah ikut serta berpartisipasi memberikan pengawal dan pengamanan dalam ritual prosesi puncak perayaan hari raya “Karo” tahun 2022 ini”.

Serta saya juga berterima kasih atas kesadaran warga masyarakat suku tengger Pandansari yang masih tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) meskipun pandemi Covid -19 sudah mereda.

Lebih lanjut Tiarso berharap, semoga kedepan pemerintah desa Pandansari bersama warga masyarakat suku tengger Pandansari terus menjaga dan melestarikan tradisi adat suku tengger ini. “Alhamdulillah / astungkara prosesi ritual puncak perayaan hari raya “Karo” tahun 2022 ini berjalan lancar, aman dan kondusif mulai dari awal hingga akhir, semoga semua warga masyarakat suku tengger Pandansari selalu diberi kesehatan, umur yang panjang nan berkah dan dilimpahkan rejekinya sehingga bisa menjalankan perayaan “Karo” tahun depan”.

Dirgahayu indonesia yang ke – 77, semoga pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat, pungkasnya. (Edi)

1
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry



Categorised in: