Friday, 29-03-2024 07:59:37 am

Breaking News

Kejurkab Pencak Silat 2017 Dibuka Secara Langsung Oleh Kapolres Bojonegoro
Home / / Detail berita

Bupati : Forum Perangkat Daerah Harus Mampu Menjawab Permasalahan dan Tantangan Pemkab

AliansiRakyatNews -
(369 Views) Selasa, 16 Maret 2021 - 1:30


Pati-Bertempat di Pendopo Kabupaten Pati, Bupati Pati Haryanto, Selasa (16/3) menghadiri Forum Perangkat Daerah dalam rangka Penyelarasan/Sinkronisasi Rancangan Renja Perangkat Daerah Tahun 2022 dengan Usulan Masyarakat dan Pokok-Pokok Pikiran DPRD Kabupaten Pati tahun 2021.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Wakil Bupati Pati Saiful Arifin (Safin), Sekda Pati Suharyono, Ketua DPRD Pati, Wakil Ketua DPRD, para kepala OPD dan Camat Beserta Delegasi se-kabupaten Pati serta Para Stakeholder yang mengikuti secara virtual.



Bupati Pati Haryanto mengatakan Forum Perangkat Daerah ini merupakan momen yang sangat strategis untuk mengkoordinasikan rencana pembangunan yang mampu menjawab isu-isu perencanaan yang terintegrasi dan mampu menjawab permasalahan-permasalahan dan tantangan yang dihadapi Pemerintah Kabupaten (Pemkab).

“Mengacu pada sistem perencanaan pembangunan nasional maka Renja Perangkat Daerah harus merujuk pada dokumen Renstra Perangkat Daerah terutama dilihat dari keterkaitan prioritas pembangunan, kebijakan dan arah pembangunan yang akan dilaksanakan tahun 2022”, ujar Bupati.

Tema RKPD Tahun 2022, menurut Haryanto ialah Penguatan Ketahanan Ekonomi Pasca Pandemi Covid-19 Untuk Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat dan Pelayanan Publik.

“Adapun isu strategisnya ialah Penguatan Ketahanan Ekonomi Berkelanjutan, Pengurangan Kemiskinan, Peningkatan Kualitas SDM dan Reformasi Birokrasi Fokus pada Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik dan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik”, jelasnya.

Sedangkan Prioritas Pembangunan Daerah, lanjutnya, antara lain mencakup Peningkatan Pertumbuhan Dua Lapangan Usaha Utama (yakni Pertanian dan Industri Pengolahan-red) serta Peningkatan Kualitas Infrastruktur Wilayah, Permukiman dan Lingkungan,
Pengurangan Jumlah Penduduk Miskin, Pengendalian Jumlah Penduduk disertai Peningkatan Kualitas SDM, Transformasi Pelayanan Publik serta Peningkatan Tata Kelola Pemerintahan.

“Dan seperti kita ketahui bersama bahwa Penyusunan RKPD Kab Pati Tahun 2022 ini merupakan tahun kelima dari tahapan RPJMD Kab Pati Tahun 2017-2022”, ucap Bupati.

Oleh karena itu, lanjutnya, isu-isu strategis dan prioritas pembangunan daerah di atas perlu diselesaikan dengan program prioritas sesuai kebutuhan yang tertuang di Renja Perangkat Daerah sesuai tugas dan fungsi masing-masing Perangkat Daerah termasuk kemampuan keuangan daerah yang perlu diperhatikan.

“Melalui Forum Perangkat Daerah ini kita dapat membangun komunikasi lintas sektor, lintas urusan dan lintas wilayah serta tak bisa dipungkiri bahwa keberhasilan pembangunan tak lepas dari stakeholder dan seluruh elemen masyarakat”, paparnya.

Untuk itu, Haryanto berharap partisipasi segenap stakeholder yang hadir untuk memberikan sumbang saran dan pemikiran dalam diskusi pembahasan di Forum Perangkat Daerah ini.

“Dengan demikian diharapkan akan dapat terbangun sinergitas sesuai dengan peran masing-masing, baik pemerintah kabupaten Pati maupun segenap organisasi dan stakeholder yang ada sebagai upaya untuk dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat sesuai Visi Misi Pemerintah Kabupaten Pati”, imbuhnya.

Selain itu Bupati juga mengharapkan semua elemen yang ada untuk terus memberikan sumbangan pikiran dan tenaga guna mewujudkan pembangunan daerah yang sesuai dengan pendekatan dalam proses perencanaan pembangunan daerah.

“Besar harapan saya bahwa dalam Forum Perangkat Daerah ini dapat menghasilkan perencanaan pembangunan yang lebih baik untuk mewujudkan pemerataan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pati”, tambahnya.

Agenda Forum Perangkat Daerah Kabupaten Pati diagendakan berlangsung selama 5 (lima) hari yakni tanggal 16 -20 Maret 2021.

Lalu mulai tanggal 17-20 Maret 2021 akan ada pelaksanaan Desk Penyelelarasan/Sinkronisasi Rancangan Renja PD Tahun 2022 dengan Usulan Masyarakat dan Pokok-Pokok Pikiran DPRD.

“Untuk itu saya minta semua Kepala OPD hadir secara pribadi dan saya harapkan semuanya dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya”, tegasnya.

Karena tahun 2022, lanjutnya, merupakan tahun terakhir pengabdian Bupati Haryanto guna mewujudkan visi dan misi pembangunan Kabupaten Pati.

“Jadi saya harapkan kita bisa All out, mengerahkan semua potensi yang kita miliki untuk mewujudkan visi misi tersebut”, pungkasnya. (fn3 /FN /MK)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry



Categorised in: