Wednesday, 28-09-2022 07:02:33 am

Breaking News

Gencarkan Investasi di Kabupaten Pati, Bupati Terima Penghargaan Capaian Investasi Terbaik
Home / / Detail berita

TMMD Kodim Bojonegoro, Perkuat Budaya Gotong Royong Di Masyarakat

AliansiRakyatNews -
(229 Views) Rabu, 10 Maret 2021 - 3:28


Bojonegoro – Pelaksanaan kegiatan program TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) ke 110 tahun 2021 diwilayah Kabupaten Bojonegoro yang diselenggarakan di dua desa yakni Desa Ngrancang dan Desa Jatimulyo, Kecamatan Tambakrejo, Selain memberikan mengerjakan sasaran fisik diantaranya pembangunan jalan aspal, normalisasi sungai, rehab RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) program Aladin, dan juga rehab ruang kelas gedung sekolah dasar, juga mengerjakan sasaran non fisik.

Tampak dari pantauan awak media, para personel Satgas (Satuan Tugas) TMMD 110 Kodim Bojonegoro, saat ini sedang proses menjalankan pengerjaan pembangunan RTLH milik warga yang tidak mampu sebanyak 20 rumah di Desa Ngrancang dan Desa Jatimulyo.



Untuk percepatan pekerjaan sesuai yang ditargetkan dari program TMMD ke 110 ini, para anggota TNI yang terdiri dari TNI AD, TNI AU dan TNI AL bersama sama masyarakat melakukan gotong royong membangun RTLH dari program Aladin (Atap, Lantai dan Dinding). Dengan semangat kegotongroyongan ini, sehingga menumbuhkan karakter kebersamaan di masyarakat.

Secara bersama sama, para personel TMMD ini terlihat mengangkat dengan cara memikul bersama rumah kayu milik Mariono (70) salah satu warga yang mendapatkan sasaran Program Aladin TMMD.

Budaya yang hampir tenggelam ini seolah tumbuh lagi di Desa Ngrancang dan Jatimulyo, pemandangan memikul rumah ini mulai tidak terlihat, namun dengan adanya TMMD ke 110 ini gotong royong memikul rumah terlihat kembali untuk memindahkan rangka rumah.

Dikatakan oleh Lettu Ckm Suroto, selaku Komandan SSK TMMD, bahwa dengan cara gotong royong adalah kunci utama menyelesaikan pekerjaan di desa program TMMD ke 110 yang dilaksanakan di Dua Desa di Kecamatan Tambakrejo.

“Dengan gotong royong mengangkat rumah RTLH akan membuat sesuatu menjadi ringan, dan mudah. Sehingga semua usaha bisa diselesaikan dengan cepat pula, ” terang Lettu Ckm Suroto, Rabu (10/3/2021).

Disampaikan juga bahwa kegiatan TMMD ini adalah program yang dilakukan secara terpadu dan lintas sektoral dalam rangka membantu pemerintah guna akselerasi pembangunan masyarakat baik fisik maupun non fisik.

Selain itu, tujuan utama pelaksanaan TMMD adalah untuk mensejahterakan masyarakat dan dalam rangka meningkatkan kemanunggalan TNI-Rakyat, sehingga bisa menumbuhkan kembangkan nilai kebersamaan dan menciptakan karakter Gotong Royong di masyarakat.(Mj/Red)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry



Categorised in: