Friday, 26-04-2024 03:15:00 am

Breaking News

Pj Bupati Hadiri Peletakan Batu Pertama SMPQT As-Salafiyah Bageng
Home / / Detail berita

Kabupaten Pati Dapatkan Penghargaan Kategori Memuaskan Bidang Kearsipan

AliansiRakyatNews -
(415 Views) Kamis, 27 Februari 2020 - 9:38


Pati – Kabupaten Pati hari ini mendapat penghargaan kategori “memuaskan” di bidang kearsipan.

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) ini diserahkan langsung kepada Wakil Bupati Pati Saiful Arifin (Safin) dalam acara Penganugerahan Pengawasan Kearsipan tahun 2019 di The Sunan Hotel Surakarta, Rabu (26/2).

Wakil Bupati Pati Saiful Arifin (Safin) mengatakan bahwa kehadirannya dalam acara tersebut merupakan bukti bahwa dalam penataan arsip, Kabupaten Pati sudah cukup baik.



“Kami berharap dengan diperolehnya penghargaan ini, teman – teman di instansi ke depan dapat semakin baik dalam mengelola kearsipan. Terlebih bahwa nantinya arsip tersebut akan berbentuk digital”, ujar Safin usai menerima penghargaan.

Safin pun menginginkan agar arsip digital ini, dapat bermanfaat dan berguna apabila dibutuhkan dan dibuka setiap saat.

Tak hanya itu, lanjut Wabup, Kabupaten Pati pun mendapat apresiasi atas didapatnya penghargaan ini. Sebab di Indonesia, hanya 25 Kabupaten saja yang menerima penghargaan ini.

“Tentunya ini menjadi salah satu motivasi khususnya bagi teman – teman yang menangani kaersipan. Kalau keseluruhan di Jawa Tengah, Kabupaten Pati menduduki peringkat 5. Ini tentunya jadi pemacu kita bersama untuk bisa lebih lagi”, jelasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Kearsipan Nasional, M. Taufik dalam sambutannya mengatakan bahwa saat ini, kearsipan telah bergeser ke dunia teknologi informasi. Karena itu, lanjutnya, peran arsip haruslah di depan.

“Saya mengutip kata – kata dari seorang tokoh besar yang isinya, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai arsip. Jadi segala aktivitas anak bangsa ini, harus terekam. Rekam jejak baik dari pemerintah maupun non pemerintah itu harus ada”, ucapnya.

Oleh karena itu paradigma kedepan terkait kearsipan, lanjut dia, itu ada dua yaitu tata kelola dan mengurus budaya.

“Artinya tata kelola ialah, segala sesuatu harus dapat terarsip. Arsip harus dapat menjadi knowledge”, tandasnya.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan (Arpus) Kabupaten Pati Suwanto bersyukur atas diraihnya penghargaan ini.

Ia kemudian mengaku pihaknya tentu akan mempunyai PR besar atas penghargaan yang telah diraih tersebut.

“Semoga ke depan dapat lebih baik lagi. Yaitu dengan kerja keras memperbaiki kekurangan yang ada mulai dari SDM serta prasarana – prasarana yang ada”, pungkasnya. (Ar)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry



Categorised in: