Thursday, 28-03-2024 09:39:35 am

Breaking News

Junjung Tinggi Nilai – Nilai Budaya, Peringati Hari Jadi SMA Negeri Soko 1 Desnatales yang Ke-12 Tahun 2018
Home / / Detail berita

Bupati Pati Harapkan Masyarakat Teladani Syech Wiro Padi

AliansiRakyatNews -
(484 Views) Rabu, 4 September 2019 - 12:56


Pati – Bupati Pati Haryanto menghadiri Haul Syech Wiro Padi di Desa Pasucen Kecamatan Trangkil, Senin (2/9). Acara haul yang dilaksanakan setiap tahun itu dihadiri masyarakat dan para ulama Umaro.

Bupati dalam sambutannya mengatakan dari Haul Syech Wiro Padi diharapkan masyarakat dan generasi muda dapat meneladani ajaran dalam kehidupan sehari-hari.

“Kita berharap yang hadir di sini, untuk dapat menjaga kebersamaan di dalam membangun dan mengamalkan keteladanan yang telah diberikan,” ujarnya.



Ia menjelaskan, dari kegiatan Haul Syech Wiro Padi dapat memberikan energi batin, betapa besar tantangan dan pengorbanan dalam rangka berjuang menegakkan kebenaran. Apalagi pada masa beliau, lanjutnya hampir semuanya terbatas, namun semuanya itu dapat mereka atasi untuk mendapatkan ridho Allah SWT.

“Semangat ini hendaknya dapat diwariskan sekaligus sebagai energi batin oleh masyarakat dan jamaah di masa mendatang,” terang Haryanto.

Bupati mengaku, Haul merupakan peringatan untuk mengenang jasa-jasa Syech Wiro Padi yang telah meninggal dan membacakan doa untuknya. Dirinya berharap generasi muda sebagai penerusnya agar dapat mengamalkan ajarannya untuk mendekatkan kepada Sang Khalik.

“Kegiatan haul ini perlu dipertahankan sebagai upaya untuk meneladani Syech Wiro Padi dalam praktik kehidupan dengan selalu berdzikir kepadanya dan menjadikan Allah SWT sebagai tujuan dan sandaran dalam melakukan segala bentuk aktivitas kehidupan, agar dapat dicontoh dan ditiru oleh generasi muda kita,” imbuh Bupati.

Bupati mengatakan, sedikitnya ada dua hal yang dapat diambil dari hikmah haul para leluhur. Pertama sebagai penghormatan masyarakat terhadap beliau, kedua sebagai wadah introspeksi diri dengan membandingkan perjuangan yang sudah dilakukan beliau dan sebagai motivasi bagi diri masing-masing.

“Mudah-mudahan khususnya warga Desa Pasucen, kecamatan Trangkil dan Kabupaten Pati mudah-mudahan diberikan keberkahan oleh Allah SWT diberikan kesehatan, keselamatan, kemuliaan dan kesejahteraan baik lahir maupun batin,” harapnya. (Ar/Hm)*

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry



Categorised in: