Tuesday, 29-11-2022 09:51:37 pm

Breaking News

Harlah NU Ke-95, MWC NU Kaliwungu Gelar Jalan Sehat Berinfaq
Home / / Detail berita

Tradisi Masyarakat Ini Sebagai Bukti Terhadap Kearifan Lokal, Hal Itu Di Ungkapkan Kades Kropak Winong

AliansiRakyatNews -
(755 Views) Kamis, 19 Juli 2018 - 8:53


Pati – Pagelaran kebudayaan dan keseniaan Tayub ditunjukkan dalam acara di Desa Kropak, Kecamatan Winong, Rabu (18/17/2018) Siang kemarin.

Ratusan warga Desa Kropak, Kecamatan Winong menggelar tayuban dalam rangka bersih desa atau ruwat desa Kropak. Tradisi ini kerap digelar sebagai wujud syukur warga terhadap bumi (desa) yang ditempati.

Kepala Desa Kropak Suyono mengatakan tradisi masyarakat lokal ini sebagai bukti terhadap kearifan lokal masyarakat setempat seperti pelestarian budaya dan kesenian tradisional,yang cenderung agak punah.



“Kesenian tayub saat ini agak kurang di lestarikan, oleh sebab itu kami membuktikan bahwa bila kami peduli terhadap budaya lokal, dengan menggelar tayub seperti yang kami lakukan di Desa Kropak ini, kami menggelar tayuban ini bersama warga untuk melakukan bersih desa agar kesenian Jawa ini tidak punah,“ Ujar Kepala Desa Suyono yang selalu kompak dengan warga ini.

Selain acara tayub yang digelar dipunden ada acara ketropak yang digelar didepan balai desa.

“Adanya dua acara sekaligus Ini termasuk rasa syukur masyarakat atas rizki yang dilimpahkan-NYA,” Imbuhnya.

Sementara itu pada awak media aliansirakyatnews.com juga mengatakan, tradisi seperti bersih desa ini agar bisa  mengajarkan kepada generasi muda tentang pentingnya menghormati alam yang diwujudkan.

“Antusias warga sangat luar biasa. Melihat kegembiraan warga, kami pun merasa senang,“ Pungkasnya.

(Ag)

3
50%
like
2
33%
love
1
16%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry



Categorised in: