Friday, 29-03-2024 04:45:26 am

Breaking News

Tinggal di Bantaran Sungai, Nenek Kaelah Hidup Dari Belas Kasihan
Home / / Detail berita

32 Peserta Meriahkan Karnaval SD/SMP

AliansiRakyatNews -
(1131 Views) Sabtu, 7 Oktober 2017 - 9:49



Reporter : Red


aliansirakyatnews.com, BOJONEGORO –
Pawai Budaya atau Karnaval dalam rangka peringatan Hari Jadi Kabupaten Bojonegoro ke-340 dan HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke 72 tahun 2017, untuk tingka SD dan SMP, dilaksanakan Sabtu (07/10/2017) pagi ini, diikuti 32 peserta yang terdiri dari jenjang Sekolah Dasar sejumlah 24 dan 11 dari jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Dengan mengusung beragam tema mulai dari objek wisata kayangan api, kekayaan alam dan mengusung kisah kisah lokal atau cerita mitos di Bojonegoro tampak semarak memeriahkan pawai budaya tersebut dengan didominasi kisah kerajaan Malwopati atau Raja Angling Dharma.



Pawai Budaya ini menempuh jarak 8 kilometer dengan start di Jalan Mas Tumapel Bojonegoro kemudian menuju Jalan Mastrip, MH Thamrin, Panglima Sudirman, Jalan Teuku Umar, Jalan WR Supratman, Jalan Rajawali, Jalan Imam Bonjol dan finish di Jalan AKBP M Soeroko.

Staf Ahli Bupati Bojonegoro, Ir Tedjo Sukmono, saat memberi sambutan pemberangkatan peserta menyampaikan bahwa pawai budaya ini menjadi agenda rutin yang diselenggarakan setiap tahun .

Para peserta menampilkan beragam budaya tradisi maupun adat yang unik diberikan ruang untuk tumbuh dan berkembang.

“Ini menjadi salah satu bentuk pelestarian kearifan lokal. Budaya karakteristik Bojonegoro harus kita jaga dan kita lestarikan sebagai salah satu harta warisan bagi generasi mendatang.” sambutnya.

Tejo Sukmono menuturkan, tema pawai budaya ini menjunjung tinggi nilai budaya, sejarah, adat dan kearifan lokal dalam rangka menuju Bojonegoro bersatu melangkah maju.

“Dengan pawai budaya ini menjadikan keragaman yang berbhinneka tunggal ika.” tuturnya.

Pawai budaya tingkat SD dan SMP ini diberangkatkan oleh Staf Ahli Bupati Bojonegoro, Ir Tedjo Sukmono, didampingi oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Amir Syahid , Asisten III Setkab Bojonegoro, Yayan Rahman dan beberapa pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Bojonegoro.

Setiap peserta hanya diberi kesempatan untuk menampilkan kebolehan didepan undangan selama dua menit saja dan yang menarik peserta diwajibkan untuk membawa iringan musik langsung seperti gamelan, oklik dan tampilan drumband.

Sementara, sesuai yang telah dijadwalkan, selama dua hari ini yakni tanggal 7 dan 8 Oktober2017, warga Bojonegoro akan dihibur dengan pawai budaya, yang pada hari ini Pawai Budaya jenjang SD dan SMP, sedangkan untuk hari Minggu besuk, dilaksanakan Pawai Budaya dijenjang SMA, Perguruan Tinggi, BUMN, BUMD dan Umum.

Editor : Red
Sumber : BBC

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Categorised in: