Wednesday, 01-02-2023 01:00:30 pm

Breaking News

Banyak Desa di Pati Belum Selesaikan LPJ Rp 200 Juta BanProv 2017
Home / / Detail berita

Tidak Berjalan Sesuai Rencana, Program Pamsimas TA 2021 di Desa Wonokerso Menuai Tanda Tanya

AliansiRakyatNews -
(120 Views) Sabtu, 8 Oktober 2022 - 9:56


Probolinggo  – Jum’at (07/10/2022) Pamsimas adalah program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat. Dalam program Pamsimas ini dananya bersumber dari dana APBN dan APBD serta sharing Dana Desa. Kegiatan program Pamsimas yang dilaksanakan sejak tahun 2008 telah mempunyai dampak positif bagi masyarakat yang tersebar di Desa/Kelurahan, khususnya untuk mencukupi kebutuhan air minum, sanitasi, dan perubahan perilaku kesehatan.

Tapi tidak dengan program Pamsimas yang ada disalah satu dusun di Desa Wonokerso, Kecamatan Sumber, Kabupaten Probolinggo, program Pamsimas yang sudah terealisasi di tahun 2021 dengan anggaran ratusan juta rupiah itu tidak berfungsi sesuai dengan yang direncanakan.



Tiga Desa Dikecamatan Sumber yang waktu itu mendapatkan program Pamsimas, untuk dua Desa di Kecamatan Sumber itu air Pamsimas tersebut sudah benar – benar dinikmati oleh masyarakat, tapi tidak dengan Desa Wonokerso.

Sebelum ada program Pamsimas ini, di salah satu Dusun di Desa Wonokerso tersebut sudah ada air bersih yang mengalir untuk umum yang dikelola warga setempat yang sudah bertahun – tahun secara swadaya.

Program Pamsimas di salah satu dusun Desa Wonokerso itu bangunannya sudah selesai tapi airnya belom dinikmati oleh warga setempat. Bangunan yang tidak memberikan papan informasi keterbukaan publik / maupun prasasti ini menuai kontra dan kenapa sampai sekarang air nya belom dinikmati oleh warga.

Awak media mencoba menggali informasi dari Satlak Pamsimas di Desa Wonokerso sebut saja MJ menyampaikan bahwa disini orang bilang saya ketua pelaksana / satlak nya, memang awalnya dulu sewaktu uji fungsi, air Pamsimas tersebut sudah mengalir dari tandon satu ke tandon dua yang sudah disaksikan oleh warga setempat. Tapi setelah uji fungsi saya tidak kesana lagi karena petugas pamsimas yang dari Probolinggo sudah menyerahkan ke JH yang dulu kepala dusun untuk terkait iuran pulsa PLNnya, jadi setelah itu saya tidak kesana lagi. Rencana saya mau kelokasi lagi mau membuat pengaman untuk sumber mata air, soalnya sumber mata airnya kan banyak jadi mau saya jadikan satu biar lancar mengalirnya. Sewaktu saya tanya ke JH katanya airnya sudah mengalir, tapi gak tau kalau kenyataannya sampai sekarang airnya gak mengalir. Saya akan berkoordinasi dulu dengan pak mantan kades soalnya saya sendiri dulu dijadikan Satlak ini yang nunjuk pak mantan kades dan juga petugas Pamsimas dari Probolinggo Tuturnya ke awak media.

Kepala Desa terpilih saat ditemui awak media, mengatakan saya gak tau, belom ada serah terimanya ke saya, baik dari mantan Kades, PJ Kades, maupun Satlaknya. Program pamsimas itu terealisasi sebelum saya jadi kepala desa terpilih dan memang mulai setelah uji fungsi airnya belum dinikmati warga setempat. Tuturnya

Ditempat terpisah, Camat Sumber Widodo beserta jajarannya pun langsung terjun ke lokasi yang disaksikan oleh jajaran pemdes Wonokerso dan warga setempat setelah mendapat informasi dari awak media untuk membuktikan kebenarannya dan ternyata memang benar adanya kalau air Pamsimas tersebut belom dinikmati oleh warga setempat mulai setelah uji fungsi.

Lebih lanjut Camat Sumber Widodo pun sampai sampai lepas baju untuk kroscek mulai dari sumber mata airnya terus menuju tandon satu sampai tandon dua karena lokasinya yang naik turun didaerah pegungungan. Setelah melihat kenyataannya kalau air Pamsimas itu belum dinikmati oleh warga setempat jadi disitu Camat Sumber Widodo hanya bisa mengatakan “tinggal warga setempat mau tidak mengfungsikannya”. Ucapnya

Warga setempat pun mau tapi kalau masih suruh mengeluarkan biaya yang harus ditanggung warga, lebih baik memanfaatkan air bersih yang sudah mengalir bertahun – tahun sebelum program Pamsimas ini tanpa mengeluarkan anggaran lagi. Ucap perwakilan warga setempat

Sampai berita ini terbit, air Pamsimas tersebut juga masih belom berfungsi sesuai yang direncanakan dari awal. (Edi)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry



Categorised in: