Wednesday, 01-05-2024 10:03:43 pm

Breaking News

Pj Bupati : PPL Harus Berinovasi dengan Manfaatkan Medsos
Home / / Detail berita

2 Pilar Forkompincam Peragakan Tradisi Ujung Di Puncak Perayaan “Karo” Desa Pandansari

AliansiRakyatNews -
(253 Views) Jumat, 26 Agustus 2022 - 6:03


 

 



 

Probolinggo – Jajaran Forkompincam Sumber dan Bantaran ikut ambil peran dalam meriahkan puncak perayaan hari raya “Karo” sekaligus sambut HUT kemerdekaan RI ke – 77 tahun 2022. Bertempat di Desa Pandansari Kecamatan Sumber Kabupaten Probolinggo bersama pemerintah desa (Pemdes) dan warga masyarakat suku tengger, pada hari rabu (24/08/2022) dengan menghadirkan berbagai kesenian ciri khas suku tengger diantaranya ujung, rabu siang (24/08/2022).

Dalam pantauan awak media, kegiatan puncak perayaan hari raya “Karo” dihadiri Camat Sumber Widodo beserta jajarannya, Camat Bantaran Saniwar, personil Polsek Sumber, anggota Koramil 0820/11 Sumber, Kepala Desa Pandansari Tiarso beserta seluruh pemerintah desa Pandansari. Dalam acara puncak perayaan hari raya “Karo” ini, dua pilar muspika yakni Camat Widodo dan Camat Saniwar memperagakan “Ujung” kesenian tradisi adat suku tengger.

Kegiatan puncak perayaan hari raya “Karo” ini adalah rangkaian kegiatan sebagai penutup perayaan hari raya “Karo” dengan melaksanakan Nyadran atau Sadranan yang artinya ruwah syakban dalam bahasa jawa. Tradisi ini masyarakat melakukan tabur bunga ke makam leluhur yang diawali dengan pemberangkatan sadranan dari rumah Romodukun menuju makam yang diiringi jaran kencak dan tabuan ketepong.

Saat ditemui awak media seusai kegiatan, Camat Sumber Widodo menyampaikan bahwa “saya sangat berterima kasih atas sambutan dari pemerintah desa Pandansari dan juga warga masyarakat suku tengger Pandansari”, serta saya juga berterima kasih atas kesadaran warga masyarakat Pandansari yang masih tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) meskipun pandemi Covid -19 sudah mereda.

Lebih lanjut Camat widodo berharap, semoga kedepan pemerintah desa Pandansari bersama warga masyarakat suku tengger terus menjaga dan melestarikan tradisi adat suku tengger ini. Tuturnya

Ditempat yang sama Kepala Desa Pandansari Tiarso juga menyampaikan rasa terima kasih kepada jajaran Muspika Kecamatan Sumber baik itu dari jajaran kecamatan, Polsek serta Koramil 0820/11 Sumber yang telah hadir memberikan pengawalan serta pengamanan dan memeriahkan rangkaian puncak perayaan hari raya “Karo” tahun 2022 ini.

“Ucap rasa syukur alhamdulillah / astungkara mulai dari awal sampai akhir kegiatan perayaan hari raya “Karo” ini berjalan lancar, aman dan kondusif berkat jajaran Muspika Kecamatan Sumber, pemerintah desa serta semua pihak dari warga masyarakat suku tengger desa Pandansari yang bersama – sama untuk suksesnya kegiatan ini”. Dirgahayu Indonesia yang ke -77, semoga pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat. Pungkasnya (Edi)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry



Categorised in: