Tuesday, 28-11-2023 10:37:35 pm

Breaking News

Sambut Kedatangan Kunker Ibu Wapres, Satlantas Polres Tuban Lakukan Gladhi Bersih Pengamanan Lokasi
Home / / Detail berita

Lima Rumah Di Prambontergayang Terkena Longsor

AliansiRakyatNews -
(959 Views) Minggu, 18 Maret 2018 - 5:55


Tuban – Minggu Tanah Longsor yang mengkibatkan ada sekitar 5 kk kena dampaknya warga harus di evakuasi dan warga kalau menghendaki 18/03/2018 Di Dusun Sawahan Desa Prambontergayang, Kecamatan Soko Kabupaten Tuban Jawa Timur .

Hanya, perbaikan yang dilakukan masih bersifat sementara dan darurat Harapanya pk jik,an semuga dari pihak pemerintah segera memperbiki tanah yang longsor kami slaku warga yang kena dapak tanah longsor mengucapkan trima kasih pada Semua intansi dari polri,Tni,BPBD Tuban karena saya sangat puas kinerja para pejabat negara cepat tangap untuk menangani bencana longsor Di Desa kami.pungkasnya .



Perbaikan permanen direncanakan tahun ini juga. Hanya, waktunya masih menunggu proses lelang untuk mendapat rekanan yang akan membangun saluran irigasi tersebut. Material berupa sesek, gedhek dan bambu sudah tiba di lokasi pada hari sabtu skitar jam 15.00 Rencananya, akan dipasang dengan cara gotong royong Bersama Warga skitarnya.

Penanganan Dari Dinas PU Karena yang punya cara untuk menangani tanah longsor Darurat Bahan-bahanya sudah ada karena yang punya cara untuk membendung atau mengalihkan air yang mengalir kita mulai pasang dengan cara kerja bhakti bersama warga,’’ ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban Joko Ludiyono ,;”

Dia mengatakan, sesuai hasil koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (DPU), perbaikan saluran irigasi yang dibuat sekitar tahun 1974 an itu membutuhkan waktu yang cukup lama. Selain itu, untuk perbaikan, dibutuhkan pengalihan arus sungai. Agar tidak air tidak mengganggu pekerjaan perbaikan Tanah yng longsor.

“Arus air butuh dialihkan agar pekerjaan lancar. Pengalihan arus akan menggunakan alat berat Kemungkinan alat berat itu sudah datang di lokasi dan mulai bekerja hari ini,”kata warga tambahnya.

Perbaikan irigasi tersebut, lanjut mantan Camat Widang itu menjadi prioritas. Tahun ini sudah dianggarkan dana pemeliharaan. Karena rusak duluan, maka prioritas ditujukan pada perbaikan tersebut agar kerusakan tidak bertambah parah.

“Jadi prioritas, sehingga akan dikerjakan lebih dulu. Hanya, prosesnya kan harus tender dan perlengkapan administrasi dan perlengkapan lainya .

Sementara BPBD fokus untuk menangani dampak sosialnya. Misalnya menyediakan transportasi dan bantuan berupa genteng 25 buah trucuk 50 buah 500 glangseng sementara untuk warga yang terdampak.

Pak jian ,pak pasiman,pak H juri merekan yang langsung menerima bantuan dan langsung di serahkan oleh Bpk Handoko kepala Desa prambon tergayang secara simbolis Jika diperlukan evakuasi dan warga menghendaki, BPBD siap.

‘’Sementara dampak sosial sudah kami tangani. Sampai sekarang belum ada permintaan warga terdampak untuk dievakuasi. BPBD siap jika warga meminta Bantuan tanah longsor Desa Prambon tergayang kecamatan soko kabuten Tuban untuk di pindahkan jika warga meminta ,””tandasnya.

(Red)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry



Categorised in: