Thursday, 20-06-2024 01:02:01 pm

Breaking News

Danramil Sukosewu,BPBD Bojonegoro Dan Masyarakat Gotong-Royong Pasang Penahan Longsor.
Home / / Detail berita

Ketersediaan  Data Hidro Oseanografi Sangat Menentukan Keberhasilan Peperangan Laut

AliansiRakyatNews -
(1210 Views) Kamis, 25 Januari 2018 - 6:08


Kodiklatal Surabaya – Ketersediaan dan kemutakhiran data Hidro Oseanografi sangat menentukan keberhasilan dalam peperangan laut, yang saat ini banyak dikembangkan untuk mendukung strategi peperangan kepulauan. Terkait dengan hal tersebut, profesi Hidro Oseanografi dituntut untuk memiliki kemampuan prima dalam penyiapan dan pemutakhiran data Hidro Oseanografi baik dimasa damai maupun di masa perang (24/1).

Demikian disampaikan Komandan Komando Pendidikan Operasi Laut (Dankodikopsla) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) Laksma TNI Maman Firmansyah pada acara penutupan Dikspespa Hidros TA 2017 yang diikuti 20 peserta. Diantara 20 pesertab tersebut, terdapat 4 perwira Angkatan Laut negara sahabat yaitu 2 perwira dari Vietnam, 1 Perwira dari Malaysia dan 1 Perwira dari China.

Adapun data tersebut sangat dibutuhkan oleh lawan atau bakal lawan sehingga seluruh personel hidro oseanografi diharapkan mempunyai komitmen yang kuat atas kerahasiaan data agar tidak jatuh dan diketahui oleh pihak-pihak yang tidak berkepentingan.



Menurutnya dalam mengahadapi tantangan tugas ke depan yang semakin kompleks seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, kepada para mantan pasis diharapkan untuk terus belajar dan berlatih agar mampu mengikuti perkembangan tugas di lapangan, yaitu kegiatan survei, penelitian  dan pemetaan laut.

Dengan menyadari pentingnya peranan dan tugas bidang hidro oseanografi, para mantan pasis harus memiliki kemampuan sebagai perwira hidrografi yang siap ditugaskan untuk mengemban jabatan sebagai perwira divisi operasi pada kapal survei kelas samudera atau kelas pantai, perwira unit survei atau jabatan lain setingkat kri dan pendirat.

Selain memiliki kemampuan diharapkan para mantan pasis meningkatkan dan melanjutkan kepeloporan TNI AL sebagai agen modernisasi teknologi nasional khususnya pada aspek teknologi kelautan yang mempunyai sikap dan perilaku sebagai prajurit matra laut yang bermoral, profesional, berani dan solid pada  tugasnya serta berpegang teguh pada Pancasila dan UUD 1945 serta Trisila TNI AL.

Kepada mantan pasis, Pati bintang satu dipundak ini menyampaikan ucapkan selamat atas keberhasilan para pasis dalam menyelesaikan   pendidikan dengan baik. Dengan harapan selesai penndidikan akan menjadi motivasi untuk meningkatkan pengabdian  jiwa kejuangan kepada bangsa dan negara serta dapat meningkatkan kinerja di  kesatuan dimanapun saudara ditugaskan.

Tampak hadir pada acara tersebut Komandan Pusat Pendidikan Hidro Oseanografi (Danpusdik Hidros) Kolonel Laut (P) Benekditus Dwiaji Gultom, S.T., serta Para Perwira Staf di jajaran Pusdikhidros Kodikopsla Kodiklatal.

Pengirim : Kabagpen Kodiklatal, Mayor Laut (KH)  Agus Setiawan, S.S.  NRP 14119/P

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry



Categorised in: