Friday, 29-03-2024 05:22:58 am

Breaking News

Satlantas Polres Blora Tindak Tegas Mobil Pengguna Sirine Dan Rotator Yang Bukan Peruntukannya
Home / / Detail berita

Menjelang Penyaluran Program BPNT Besuk ,Triastuti Ketua Komisi 4 DPRD Kabupaten Tuban Bersama Anggota Melaksanakan Kunjungan Kerja Kedinas Pemberdayaan Perempuan Dan Anak.

AliansiRakyatNews -
(408 Views) Rabu, 13 Januari 2021 - 8:48


Tuban-Guna memastikan Seluruh tahapan rencana penyaluran sejumlah program bantuan yang ada di kabupaten Tuban Pihak DPRD kabupaten Tuban Melalui Komisi 4 Mengadakan Rapat kerja, di ruang kerja PLT Dinas Sosial, pemberdayaan perempuan dan perlindungan Anak

Hadir dalam Rapat Tersebut antara Lain PLT Kepala Dinas Sosial , pemberdayaan Perempuan dan perlindungan anak Joko Sarwono, Sekretaris Dinas Emanuel S,Y,Ketua Komisi 4 DPRD kabupaten Tuban Tri Astuti dan anggota komisi ,Rabu (13/01/2021)



Tri Astuti Menjelaskan bahwa di awal Tahun 2021 Tepatnya Tanggal 4 Januari 2021 ada sejumlah program yang sudah di saluran dari kementerian Sosial yaitu Kartu sembako/ BPNT,PKH, BST dengan Rincian
BPNT di berikan sesuai dg data base dari kemensos senilai Rp 200 rb / bln/KPM/ setahun. Dan di belanjakan di e warung yang di tunjuk, dg jumplah th ini 85.196 KPM yg mana mengalami pengurangan yg tadinya th 2020 sejumplah 107.207 KPM.
BST Rp 300 rb /KPM/4 bulan yang Di salurkan melalui PT POS langsung ke penerima.

Sedangkan untuk Program PKH di salurkan melalui bank ( himbara ) dengan target ” ibu hamil,anak usia dini,anak sekolah,penyandang disabilitas, dan lanjut usia ) Di cairkan 3 bulan sekali sehingga dalam setahun 4x pencairan.

Dari penjelasan dinsos yang mana tuban mengalami pengurangan penerima manfaat sejumplah21.881 orang maka komisi 4 menyampaikan bahwa operator harus segera mengup grade data yang invalid dari data kependudukan dan tergraduasi sesuai dengan BNBA melalui sistem informasi kesejahteraan sosial ( SIKG- NG ) dalam pusdatin kemensos.
tentunya perlu kerjasama yang baik dengan pihak desa dalam hal ini adalah operator yang sudah di berikan pelatihan sehingga dinsos bisa melakukan perbaikan pada data melalui sistem tersebut. Ferivikasi vaktual yang dilakukan harua memprioritaskan masyarakat yang benar- benar tidak mampu dan belum mendapatkan bantuan apapun.

Dalam penyaluran BPNT dinas ada 20 supliyer
sebagai penyedia barang untuk bansos BPNT. Maka komisi 4 menekankan, jika terdapat bahan makanan yang tidak layak konsumsi untuk di putus kontraknya. Karena ini sudah terjadi berulang-ulang sehingga tidak cukup mengganti barang saja .

Selain program BPNT kabupaten Tuban juga menerima program dari kementerian Sosial serta bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Tuban yaitu BPNTD ada sejumlah 4.421 KPM dengan Nilai 110.000 Berupa Beras 10 kg Serta Dinas Sosial saat ini juga masih melayani SKTM daerah 369 ,SKTM Jampersal 504 dan Provinsi 21 orang.(dm)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry



Categorised in: