Saturday, 28-01-2023 06:12:14 am

Breaking News

Dinas Perdagangan Kudus Fasilitasi Kerja Sama Antara Toko Modern Dan Pelaku UMKM
Home / , / Detail berita

Latih Keterampilan Dalam PPGD, Dinkes Tuban Gelar Kemah Kemah Pemantapan Krida SBH

AliansiRakyatNews -
(990 Views) Sabtu, 31 Maret 2018 - 12:02


Tuban – Dinas Kesehatan Tuban menggelar Kemah Pemantapan Krida Saka Bakti Husada di Kompi Senapan C Tuban, Jumat (30/03). Kegiatan yang diikuti oleh para peserta Saka Bhakti Husada (SBH) ini bertujuan melatih keterampilan dalam melakukan Pertolongan Pada Gawat Darurat (PPGD).

Kepada reporter tubankab, Ketua Satuan Karya Bhakti Husada Kwartir Cabang Tuban Lulut Purwanto mengungkapkan, PPGD sangat penting untuk diketahui oleh peserta SBH. Hal tersebut bertujuan untuk melatih keterampilan dalam PPGD.



“ Pelatihan ini dapat membekali para peserta SBH dengan pengetahuan PPGD, serta meningkatkan keaktivan mereka dalam membangun masyarakat di bidang kesehatan. Jadi mereka akan tanggap jika bertemu kasus yang berubungan dengan kondisi kegawatdaruratan,” terang Lulut.

Sehari sebelumnya, pembukaan Kemah Pemantapan Krida Saka Bakti Husada telah dilaksanakan. Dalam kegiatan tersebut juga sekaligus diselenggarakan kegiatan seleksi Perwida Perkemahan Tinggi Tingkat Daerah yang ke-6 tahun 2018, serta Gathering Pamong Saka. Kegiatan ini melibatkan semua anggota Saka Bakti Husada dari seluruh kecamatan.

“Kegiatan pembukaan dilaksanakan kemarin, masing-masing kwartir dari Puskesmas mengirimkan 3 perwakilan, dan 1 pamong,” kata lulut.

Tujuan Memantapkan Krida Satuan Karya Bakti Husada adalah memberikan pemahaman kepada para peserta untuk mewujudkan kader pembangunan di bidang kesehatan yang dapat membantu melembagakan norma hidup sehat bagi semua anggota Gerakan Pramuka dan masyarakat di lingkungannya. “Saka Bhakti Husada merupakan salah satu dari saka lainnya yang ada di gerakan Pramuka Indonesia.

Di sini, ada 6 krida yang harus diperkenalkan, yaitu Krida Bina Gizi, Krida Bina Kesehatan Lingkungan, Krida Promosi Kesehatan Keluarga Sehat, Krida Obat, dan Krida Pengendalian Penyakit, ini penting untuk dikenalkan, tentunya melalui praktik langsung. Nantinya, mereka bisa menjadi kader kesehatan di lingkungannya,” jelentreh Lulut.

Di acara tersebut juga dilaksanakan seleksi Pertida dalam rangka memilih peserta yang akan diikutkan dan mewakili Tuban dalam kemah tertinggi Saka Bhakti Husada tingkat daerah. “Kegiatan ini juga sekaligus ajang seleksi untuk penentuan peserta yang akan dikirim ke kemah tingkat daerah,yang akan dilaksanakan di Kabupaten Trenggalek Mei 2018 menadatang,” pungkasnya.

(Mudji)

2
66%
like
0
0%
love
1
33%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Categorised in: ,