Wednesday, 25-05-2022 10:54:55 am

Breaking News

Sembunyi Di Kost, Pencuri Bawang Merah Dibekuk
Home / / Detail berita

20 Pamen Kodiklatal Selesai Ikuti Kursus PPKM

AliansiRakyatNews -
(691 Views) Jumat, 26 Januari 2018 - 7:55


Surabaya – Sebanyak 20 Perwira Menengah (Pamen) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) selesai mengikuti Kursus Proses Pengambilan Keputusan Milioter (PPKM) Angkatan ke-1 TA 2017 di Gedung Betelgeuse Pusat Pendidikan Lanjutan Perwira (Pusdiklapa) Kesatrian Bumimoro Kodiklatal. Kursus yang telah berlangsung selama dua bulan tersebut ditutup langsung Pgs. Komandan Pusdiklapa Kodikopsla Kodiklatal Letkol Laut (P) Dickry Rizanny N, MDDS.

Dalam sambutanya Pgs Komandan Pusdiklapa Letkol Laut (P) Dickry Rizanny N, MDDS menyampaikan bahwa kursus PPKM TA 2017 tersebut merupakan kegiatan pertama kali yang dilaksanakan oleh TNI AL, dengan tujuan membekali perwira TNI AL yang memiliki profesionalisme matra laut dengan pengetahuan di bidang pengambilan keputusan militer.

Hal ini sesuai dengan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep. 266/IV/2013 tanggal 23 April 2013 tentang Buku Petunjuk Pelaksanaan Proses Pengambilan Keputusan Militer (PPKM) pada perencanaan operasi gabungan dan kampanye militer.



Adapun PPKM ini merupakan metode pengambilan keputusan militer yaitu metoda yang dilaksanakan untuk mengetahui bagaimana mengambil keputusan, kapan dan apa yang diputuskan, termasuk di dalamnya untuk mengetahui resiko dan konsekuensi dari keputusan yang diambil. Dimana keputusan itu merupakan pernyataan Panglima atau Komandan yang memberikan gambaran tentang operasi yang akan dilaksanakan untuk mencapai sasaran yang diharapkan atau yang sudah ditentukan.

Sedangkan sasaran dari pelaksanaan kursus ini diharapkan setelah selesai mengikuti kursus, para perwira siswa mampu membuat perencanaan operasi gabungan TNI , mampu menyelenggarakan proses pengambilan keputusan militer dan mampu membuat naskah pelaku latihan sesuai prosedur yang baik dan benar.

Selain itu kursus ini merupakan bekal untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia perwira TNI AL yang dilaksanakan berkesinambungan agar mampu melaksanakan latihan puncak TNI AL dan operasi gabungan TNI.

Pengirim: Kabagpen Kodiklatal Mayor Laut (KH) Agus Setiawan, S.S.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry



Categorised in: