Tuesday, 31-01-2023 01:25:30 pm

Breaking News

Letkol Inf Nur Wicahyanto Terpilih Sebagai Ketua Umum Lemkari Cabang Tuban
Home / / Detail berita

Naik 87 Persen, Pemkab Tuban Berikan Reward Siswa Berpretasi Bidang Olahraga

AliansiRakyatNews -
(698 Views) Minggu, 30 Desember 2018 - 12:53


Tuban – Sekretaris Daerah Kabupaten Tuban, Dr. Ir. Budi Wiyana, M.Si., secara simbolis menyerahkan reward kepada siswa berprestasi di bidang olahraga di Kabupaten Tuban, Jumat (28/12/2018).

Bertempat di halaman kantor Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Tuban, kegiatan ini dihadiri Kepala Disparbudpora, Ketua KONI Tuban, perwakilan Dinas Pendidikan.
Sebanyak 126 siswa berprestasi beserta orang tuanya ikut meramaikan kegiatan yang baru pertama kali digelar Disparbudpora ini.

Mengawali sambutannya, atas nama Pemkab Tuban Sekda menyampaikan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada Disparbudpora yang telah memberikan perhatian kepada atlit berprestasi.
“Kegiatan ini menjadi bentuk bentuk kepedulian, apresiasi, dan motivasi bagi atlit berprestasi di Kabupaten Tuban,” tuturnya.



Lebih lanjut, Sekda menerangkan bahwa Pemkab Tuban terus berupaya meningkatkan pembangunan olahraga yang tertuang dalam RPJMD Kabupaten Tuban. Pembangunan olahraga bertujuan untuk peningkatan prestasi atlit Bumi Wali. Selain itu, hal tersebut selaras dengan program Germas.

“Dimana tujuan akhirnya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat,” imbuhnya.

Pemkab Tuban juga telah merencanakan tahapan dalam pembangunan olahraga di Kabupaten Tuban. Pembangunan tersebut melibatkan berbagai pihak baik OPD, KONI, stakeholder lain yang meliputi peningkatan kualitas atlit maupun infrastruktur. Karena berbagai pengembangan tersebut harus diimbangi dengan peningkatan prestasi.

“Tuban Sport Center (TSC) dijadwalkan akhir tahun 2018 sudah selesai dan dapat digunakan untuk Porprov ke-6 Jatim. TSC akan diproyeksikan menjadi sentral pengembangan olahraga dan seni di Kabupaten Tuban,” terangnya.

Mantan Kepala Bappeda ini juga menegaskan bahwa pembangunan olahraga tidak instan. Diperlukan perencanaan dan tahapan yang terukur sehingga didapatkan hasil yang diharapkan. Di samping itu, perlu adanya pengawasan serta evaluasi atas berbagai capaian prestasi atlit.

Siswa berprestasi bidang olahraga di tingkat SD dapat dibina secara berjenjang sehingga didapatkan atlit yang membanggakan dan mampu berbicara banyak di tingkat provinsi maupun nasional.

Terkait dengan penyelenggaraan Porprov ke-6 Jatim, Sekda juga menyatakan bahwa Kabupaten Tuban siap menjadi tuan rumah bersama 3 Kabupaten lainnya. Event ini harus harus menjadi momentum adanya lompatan prestasi yang lebih baik.

“Kabupaten Tuban harus sukses prestasi dan sukses penyelenggaraan. Harus membawa multiplayer efek di berbagai bidang. Juga mampu melibatkan berbagai komunitas mulai dari olahraga, ekonomi, budaya, maupun yang lain,” serunya.

Sementara itu, Ketua KONI kabupaten Tuban, Mirza Ali Manshur menyampaikan terima kasih atas perhatian Pemkab kepada insan olahraga di Bumi Wali.

“Hal ini menjadi motivasi bagi atlit dalam menyongsong Porprov mendatang,” ungkapnya.

Mirza menjelaskan sebanyak 300 atlit telah masuk Pusat Pelatihan Kabupaten (Puslatkab) untuk dipersiapkan menghadapi Porprov Jatim 2019. Para atlit akan digembleng di bawah pengawasan Satlak Tuban Pantas (Program Andalan Tambah Emas) KONI Tuban.

“KONI akan terus berupaya meningkatkan prestasi atlit baik dari sisi kuantitas maupun kualitas,” terang Ketua Koni.

Pada Porprov Jatim 2019, Kabupaten Tuban akan menjadi salah satu tuan rumah dan berkesempatan menyelenggarakan Closing Seremonial. Dari 40 cabang olahraga yang dipertandingan pada Porprov, 12 cabor akan diadakan di Kabupaten Tuban.

“Kami menargetkan memperoleh 155 poin dan berada 10 besar,” tandasnya.

Ditempat yang sama, Kabid Olahraga Disparbudpora, Zainal Mafthuhin mengungkapkan pada tahun 2018 atlit Bumi Wali berhasil memperoleh 5 medali tingkat Internasional, 9 medali tingkat Nasional, dan 267 medali di tingkat Provinsi.

Prestasi tersebut mengalami kenaikan 87 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Capaian tersebut juga menjadi modal untuk Porprov ke-6 Jatim.

(Mj)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry



Categorised in: