Sunday, 01-08-2021 09:40:51 pm

BREAKING NEWS

Mengenal Sosok Syekh SubakirTotal Viewed #40330 Views

BREAKING NEWS

Mengenal Sosok Syekh Subakir.#40330 Views
Home / / Detail berita
(695 Views) January 25, 2019 11:34 am

Eceng Gondok Kali SWD1, Dikeluhkan Warga 9 Desa Di Kudus

AliansiNews -


Kudus – Tanaman eceng gondok tumbuh subur di sepanjang saluran Kali SWD1. Keberadaan tanaman ini dikeluhkan warga di 9 Desa dari 2 Kecamatan Jati dan Kaliwungu Kabupaten Kudus pasalnya telah menyumbat aliran air.

Kali SWD1 yang membentang dari Spilway Goleng Desa Pasuruhan Lor Kecamatan Jati Kudus hingga Desa Ujung Pandan Jepara sebagai muaranya. menjadi salulran satu-satunya pembuangan air dari Kabupaten kudus saat hujan.

Salah seorang warga Setro Kalangan, Marzuki (42) mengatakan, tanaman eceng gondok yang tumbuh subur sudah menjadi masalah serius Kami. Mengingat Kondisi Kali Swd1 Selama ini kondisinya yang sangat memprihatinkan dengan seriusnya pendangkalan ditambah tanaman eceng gondok sudah cukup lama ‘menghuni’ saluran turut memperparah.



“Karena kali Swd1 ini peranannya sangat penting untuk mengalirkan air jika musim hujan,maka dengan tersumbatnya aliran dengan tumbuh suburnya eceng gondok tentu akan memperparah keadaan.

Warga lain Sutiyono (49) , mengatakan tanaman eceng gondok yang tumbuh subur di saluran kali Swd1 butuh penanganan serius.
“Perlu dibersihkan secara rutin. Apalagi ini tumbuhnya sangat cepat,” tuturnya.

Idealnya, lanjut Sutiyono, saluran pembuangan harus dalam kondisi normal dan bersih sehingga aliran air tidak terhambat.

“Kalau bersih, saluran tidak mampet dan berjalan dengan baik. Sehingga tidak akan ada genangan air di sekitar permukiman warga karena air sudah mengalir,” jelasnya

“Mengingat kondisi Kali Swd1 yang hingga saat ini belum ada upaya normalisasi yang dilakukan Pemerintah, maka upaya yang bisa kita lakukan saat ini adalah membersihkan alirannya agar bisa mengurangi dampak genangan.
Peran Pemerintah kami harapkan dalam upaya pembersihan mengingat hal itu membutuhkan biaya yang relatif besar untuk kami tanggung dengan swadaya dari Masyarakat,” Pungkas Sutiyono.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry



Categorised in: