Wednesday, 16-06-2021 10:43:15 pm

BREAKING NEWS

Mengenal Sosok Syekh SubakirTotal Viewed #39524 Views

BREAKING NEWS

Mengenal Sosok Syekh Subakir.#39524 Views
Home / / Detail berita
(696 Views) May 4, 2018 12:12 am

Ibu Mufidah JK Kunjungi Kampung Batik Gedog Tuban

AliansiNews -



Tuban – Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), Hj Mufidah Jusuf Kalla (JK), secara resmi membuka Sinergi Program Kegiatan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUMKM) dengan Dekranas, dan Tim Penggerak PKK Pusat di Pendopo Kridho Manunggal Tuban, Kamis (03/05/2018).

Mufidah JK menuturkan, pelatihan dan pengembangan batik dan tenun gedog di Kabupaten Tuban sebagai pelaksanaan program prioritas Dekranas, yaitu pengembangan tenun di enam daerah di tanah air. Selain Bumi Wali daerah yang dipilih adalah Bangka Belitung, Donggala, Sintang, Sabu Raijua NTT, dan Kalimantan Timur.

Terpilihnya Kabupaten Tuban karena daerah ini berhasil mengembangan batik dan tenun Gedog.



“Batik Gedog juga unggul dari sisi pengelolaan bahan baku lokal, bahan pewarnaan alam, serta memiliki motif yang khas,” tutur istri Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Berbagai upaya pembinaan teknis telah banyak dilakukan Dekranas terhadap batik dan tenun Gedog. Karya perajin turun temurun ini, bisa digunakan untuk fashion dan pakaian sehari-hari.

Ditambahkan, pada tahun 2017 lalu telah dilakukan pembinaan peningkatan mutu benang dengan bantuan alat pengganti, dan peningkatan mutu tenun dengan modifikasi Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM). Kali ini akan dilakukan pelatihan khusus terkait manajemen, termasuk pemodalan, dan pemasaran.

Ibu berdarah Minang ini menegaskan, pembinaan terkait akan terus dilaksanakan dengan harapan mutu, dan desain batik dan tenun Gedog Tuban menjadi semakin baik. Daya saingnya pun semakin meningkat.

Ibu Mufidah yang lahir di Sibolga, Sumatera Utara ini berpesan, agar semua stakeholder saling bekerja sama secara harmonis dan saling mendukung.

Dia sampaikan terima kasih kepada Ketua Dekranasda Jawa Timur, Kementerian dan Dinas yang membidangi Koperasi dan UKM, Bupati Tuban, dan Dekranasda Tuban, serta semua pihak yang mendukung sehingga program sinergi tersebut dapat dilaksanakan.

Kepada peserta pelatihan yang berjumlah 250 orang yang berusia antara 16-30 tahun,5 Mufidah JK menghimbau, untuk mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh, dan menerapkan ilmu yang didapat demi kemajuan batik dan tenun Gedog khas Tuban.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Jawa Timur, Nina Kirana Soekarwo, menyampaikan Dekranasda Jatim secara khusus memberikan pembinaan untuk pengembangan batik dan tenun Gedog Tuban. Sepanjang tahun 2017 pihaknya telah fasilitasi UKM dan Industri Kecil Menengah (IKM) di Jawa Timur.

Diantaranya dalam bentuk bimbingan teknis peningkatan mutu batik tulis warna alam, mutu produk kulit, mutu bordir dan aksesoris, kepada 520 UKM dan IKM di Jawa Timur.

Termasuk pengembangan usaha dan kewirausahaan kepada 170 pengerajin. Memfasilitasi 847 UKM dan IKM untuk mendapatkan sertifikat ISO, SNI, dan HAKI.

“Dekranasda juga memfasilitasi UKM dan IKM melalui kegiatan pameran maupun kegiatan lainnya,” jelasnya.

Istri Gubernur Jatim Soekarwo ini berharap, kerja sama antara Dekranas dengan Dekranasda baik tingkat provinsi maupun kabupaten dapat lebih ditingkatkan. Utamanya di sektor peningkatan mutu SDM dan daya saing, perluasan dan penguatan pasar, jaring kemitraan komunikasi dan informasi, serta pendampingan untuk sertifikasi ISO, SNI, dan HAKI, dan permodalan.

Jawa Timur juga telah menyiapkan pinjaman dengan bunga yang sangat ringan, hanya 6 persen untuk para pengerajin dengan jaminan kredit daerah di Bank Jatim maupun Bank BPR UMKM.

“Jadi monggo kepada pengerajin yang berminat dapat memanfaatkan hal tersebut,” imbuhnya.

Ketua Bidang Manajemen Usaha Dekranas pusat, Bintang Puspayoga, menyampaikan, dengan bekerja sama dengan TP PKK, para ibu-ibu mendapatkan pelatihan perkoperasian sehingga dapat terwadahi dalam satu kelompok yaitu, Koperasi PKK.

Sebelumnya, di Kabupaten Tuban telah dilakukan berbagai kegiatan diantaranya peningkatan mutu dan kualitas benang, peningkatan mutu Gedog, pelatihan Sustaining Competitive and Responsible Enterprises (SCORE), dan memfasilitasi ATMB sebanyak 10 alat yang terdistribusi pada tiga UKM.

Pada kesempatan ini, Bupati Tuban, H. Fathul Huda, mengucapkan terima kasih atas kunjungan Ibu Mufidah Jusuf Kalla yang didampingi Ibu Bintang Puspayoga selaku Ketua Bidang Manajemen Usaha Dekrasna dan Ibu Nina Kirana Soekarwo, Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Timur di Bumi Wali.

“Hal ini menjadi kehormatan dan kebahagiaan tersendiri bagi kami,” tutur Bupati.

Dikatakan, perajin batik dan tenun Gedog di wilayah Kecamatan Kerek telah mendapatkan bantuan berupa peralatan, dan pelatihan dari pengurus Dekranas Pusat guna pengembangan UKM maupun IKM. Peralatan tersebut sudah dimanfaatkan dengan baik guna meningkatkan kualitas dan kuantitas produk tenun sehingga mampu melayani permintaan produk lokal sampai ke mancanegara.

Para pelaku usaha di Tuban dapat melestarikan budaya sekaligus mengembangkan usaha secara bertahap. Salah satu upaya untuk melestarikan nilai-nilai budaya, Pemkab Tuban bekerja sama dengan Dekranasda kabupaten telah melakukan lomba desain, dan membatik secara berkala mulai tingkat SD sampai dengan umum.

Selain itu, tambah Bupati H. Fathul Huda, regenerasi secara berkelanjutan dipandang perlu agar potensi lokal ini bisa bertahan dan dinikmati generasi penerus.

Hal ini tentunya tidak terlepas dari fasilitasi, pembinaan dan bantuan dari pemerintah pusat, agar nilai tambah produk unggulan tenun gedog dan batik dapat terus ditingkatkan.

Orang nomor satu di jajaran Pemkab Tuban ini berharap, peran perbankan dalam memberikan Kredit Usaha Rakyat (KUR) maupun program kemitraan yang sudah dijalankan oleh PT Semen Indonesia T:bk di wilayah ring satu, dapat memperkuat posisi UKM maupun IKM.

Sebagai rangkaian kegiatan diserahkan Sertifikat Hak Cipta Kementerian KUMKM dan Sertifikat Kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi kepada perajin. Adapun pembinaan yang akan dilakukan antara lain, sosialisasi Kredit Usaha Rakyat, Konsultasi dan Pemberkasan Sertifikasi Hak Cipta Produk Koperasi dan UKM, Pelatihan Kewirausahaan kepada Gerakan Kewirausahaan Nasional, Pelatihan Perkoperasian, Pelatihan Vocational, dan Pelatihan SDM melalui Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia bagi pelaku UKM.

Selanjutnya, Ibu Mufidah berserta rombongan berkunjung ke Desa Margorejo, Kecamatan Kerek disambut oleh Wakil Bupati Tuban, Ir. H. Noor Nahar Hussein, M.Si bersama istri. Acara dimulai dengan pengguntingan karangan bunga, selanjutnya Ibu Mufidah beserta rombongan berjalan kaki melihat proses pembuatan batik di masing-masing pengerajin mulai dari proses awal hingga akhir.

Selain itu juga Ibu Mufidah juga mengunjungi stan bazar yang dibuka oleh warga setempat. Rangkaian kunjungan di Desa Margorejo ditutup dengan kunjungan ke sanggar seni batik tulis tenun Gedog Tuban.

(Mudji )

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Categorised in: