Sunday, 01-08-2021 08:18:01 pm

BREAKING NEWS

Mengenal Sosok Syekh SubakirTotal Viewed #40329 Views

BREAKING NEWS

Mengenal Sosok Syekh Subakir.#40329 Views
Home / / Detail berita
(430 Views) April 18, 2018 9:01 am

Jelang Hardikal, Kodiklatal Gelar Donor Darah untuk Amankan Stok Darah Jawa Timur

AliansiNews -


Surabaya – Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan TNI AL (Hardikal) ke 72 tahun 2018, Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) menggelar kegiatan sosial Donor darah di gedung Martadinata Kodiklatal Bumimoro Surabaya (18/4).

Yang menarik, Komandan Kodiklatal Laksda TNI Darwanto, SH., M.A.P. dan Ketua Gabungan Jalasenastri Kodiklatal Ny. Ina Darwanto bersama ratusan prajurit dan siswa ikut berpartisipasi mendonorkan darahnya. Usai melaksanakan donor, Komandan Kodiklatal didampingi Ketua Panitia Hardikal ke-72 Laksma TNI Maman Firmansyah meninjau pelaksanaan donor. Pada kesempatan itu, Komandan Kodiklatal menyampaikan ucapan terima kasih kepada PMI Cabang Surabaya, Gresik, Sidoarjo dan Bangkalan telah mendukung kegiatan donor darah tersebut.

Pelaksanaan donor darah rencananya akan dilaksanakan selama dua 18-19 April 2018 dengan target 2.000 kantong darah. Para pendonor berasal parjurit Antap dan siswa Kodiklatal, Akademi Angkatan Laut (AAL), Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL), prajurit Koarmatim, Pasmar 1, Lantamal V dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Mabesal serta para Pengurus Jalasenastri Kodiklatal.



Dihadapan awak media, Komandan Kodiklatal mengatakan bahwa dalam kegiatan donor darah ini targetnya cukup banyak, yaitu 2000 kantong karena terkait dengan jumlah kantong yang tersedia serta kebutuhan akan darah di Surabaya dan sekitarnya cukup tinggi. “Bukan saja yang mengalami kecelakaan, tetapi orang-orang yang baru menjalani operasi banyak yang membutuhkan darah,” ujar Komandan Kodiklatal.

Komandan Kodiklatal berharap, dengan penyelenggaraan kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya bagi mereka yang membutuhkannya, sehingga dapat membantu bahkan menyelamatkan jiwa manusia. “Mudah-mudahan apa yang kita lakukan ini, bisa bermanfaat untuk masyarakat Jawa Timur khususnya, mungkin kalau memang lebih bisa disalurkan ke daerah lain yang memerlukan darah,” ujar Komandan Kodiklatal.

Donor darah tersebut merupakan rangkaian kegiatan bakti sosial yang diselenggarakan Kodiklatal dalam rangka memperingati hari pendidikan TNI AL yang ke-72 tepatnya jatuh pada tanggal 12 mei 2018. Kodiklatal sebagai salah satu lembaga pendidikan TNI AL bekerja sama dengan yayasan pundi amal peduli kasih sctv-indosiar, turut berperan serta pada kegiatan yang bersifat kemanusiaan membantu sesama dengan mengadakan kegiatan donor darah.

Dalam kegiatan tersebut panitia bekerja sama dengan Unit Transfusi Darah (UTD) Surabaya, Sidoarjo, Bangkalan dan Gresik. Bertindak sebagi ketua panitia Baksos Kolonel Laut (K) Kristanto, S.E., M.A.P yang juga Komandan Pusat Pendidikan Kesehatan (Danpusdikes) Kodikdukum Kodiklatal.

Selain kegiatan donor darah, dalam rangka Hari Hardikal ke-72 Tahun 2018 ini panitia juga melaksanakan kegiatan sosial lainya berupa bersih-bersih Bozem, Morokrembangan tanggal 20 April, Silaturahmi dengan warakawuri, anak yatim dan anak berkebutuhan khusus serta menjenguk personel yang sakit tanggal 25-26 April,.

Kegiatan lain yang diselenggrakan dalam rangka Hardikal ke-72 tahun 2018 tersebut adalah Ziarah di TMP Mayjen Sungkono. Seminar Nasional, Funbike Spektakuler, Jalan sehat, Bazar dan pameran alutsista TNI AL. Sedangkan kegiatan olahraga dan lomba yang dilaksanakan adalah Pertandingan Bulu tangkis, Lomba ketrampilan jasmani prajurit, Lomba dayung, Lomba intruktur/dosen dan bingsis teladan, Lomba menembak, Lomba kebersihan.

Sebagi puncak peringatan Hardikal ke-72 tahun 2018, tanggal 14 Mei 2018 akan digelar Parade dan defile di Lap. Laut Maluku, Kodiklatal dengan Irup Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P. Acara akan dimeriahkan dengan menampilkan Sosio Drama Sayu Wiwit dari Banyuwangi, Demontrasi ketrampilan terjun payung dan serangan kilat serta Fly pass puluhan drone.

(Kodiklatal)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry



Categorised in: