Sunday, 01-08-2021 07:16:12 pm

BREAKING NEWS

Mengenal Sosok Syekh SubakirTotal Viewed #40329 Views

BREAKING NEWS

Mengenal Sosok Syekh Subakir.#40329 Views
Home / / Detail berita
(1092 Views) March 31, 2018 12:57 pm

Tingkatkan Kualitas Pelayanan, Kecamatan Jatirogo Adakan Inovasi Pelayanan Payment Point

AliansiNews -


Tuban(Jatirogo) – Inovasi Pelayanan Payment Point Merupakan salah Satu terobosan dari Samsat Tuban. Dalam hal pemungutan pajak kendaraan bermotor, peran kantor Samsat (Sistem Manunggal Satu Atap) sangat penting karena merupakan unit pelayanan publik dalam menyelenggarakan registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor.

Alasan pelayanan Paiment Point plus yang diterapkan di Tuban kususnya Kecamatan Jatirogo karena jumlah penduduk yang semakin meningkat dari tahun ke tahun diiringi dengan bertambahnya jumlah kendaraan bermotor setiap Tahunnya.



Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pelayanan Paiment Point Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pembayaran Pajak Tahunan, pengesahan STNK, dan ganti STNK plat nomer khususnya di Kecamatan Jatirogo Kabupaten Tuban. Metode penelitian ini yaitu menggunakan jenis penelitian deskriptif melalui pendekatan kualitatif.

Teknik pengumpulan Data berupa observasi, wawancara, Dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah dengan pengumpulan data kemudian digolongkan dan ditarik kesimpulan hingga dapat disajikan kepada semua yang berkepentingan.

“Hasil penelitian ini bahwa pelayanan Paiment Point sudah cukup baik karena pelayanan ini memiliki unsur-unsur yang sesuai dengan 6Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Republik Indonesia (KEPMENPAN No.63 Tahun 2003) tentang pedoman kualitas penyelenggaraan pelayanan publik,”ujarnya.

Dari segi kesederhanaan, Wajib Pajak dan pengesahan STNK tidak harus datang ke kantor Bersama SAMSAT yang daya tempuhnya lumayan jauh dari Kecamatan Jatirogo.

Dari segi kejelasan dan kepastian persyaratan pembayaran &pajak dan pengesahan STNK kendaraan bermotor melalui Paiment Point sudah jelas karena telah dipasang papan informasi. Mengenai kepastian pembayaran pajak setiap tahun jumlah pembayaran pajak yang harus dibayar tetap terkecuali yang mendapatkan denda.

Dari segi ketepatan waktu, proses pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui Paiment Point sudah dilaksanakan dengan tepat waktu. Dari segi akurasi Wajib Pajak sudah menerima dengan baik program Paiment Point terbukti dengan pembayaran pajak kendaraan bermotor dan pengesahan STNK dari hari ke hari yang semakin meningkat.

Dari segi keamanan di Kantor Bersama Samsat Tuban khususnya kec. Jatirogo sudah tersedia tenaga keamanan. Dari segi tanggung jawab petugas memberikan arahan terhadap masyarakat (Wajib Pajak) yang merasa kebingungan atau mengalami masalah. Dari segi kelengkapan sarana prasarana Program Paiment Point sudah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai.

Dari segi kemudahan akses lokasi pelayanan dan dari segi kedisiplinan, kesopan, dan keramah petugas Samsat selalu berusaha menunjukkan sikap disiplin, sopan dan santun, ramah, serta memberikan pelayanan dengan ikhlas tanpa membeda-bedakan status orang.

Dari segi kenyamanan pihak Samsat berusaha untuk menciptakan lingkungan yang tertib dan teratur, menciptakan lingkungan yang indah agar dapat memberikan pelayanan yang berkualitas dan dapat memberikan kepuasan kepada masyarakat sebagai Wajib Pajak pungkasnya.

(mudji)

2
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry



Categorised in: