Saturday, 15-08-2020 10:21:42 am

BREAKING NEWS

Mengenal Sosok Syekh SubakirTotal Viewed #33315 Views

BREAKING NEWS

Mengenal Sosok Syekh Subakir.#33315 Views
Home / / Detail berita
(757 Views) March 2, 2018 3:18 am

Dukung Program PIS PK, Pemdes Grebegan Adakan Sosialisasi Dan Launching Kepada Masyarakat

AliansiNews -


Bojonegoro (KALITIDU) – Pertemuan sosialisasi Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga Sehat tingkat Kecamatan Kalitidu yang dilaksakan pada Hari Jum’at 02 Februari 2018 bertempat di Pendopo Balai Desa Grebegan Kecamatan Kalitidu Dihadiri oleh, Bhabinsa,Bhabinkamtibmas, Sekcam Kalitidu, Ketua Tim Penggerak PKK, Kader Desa, Ibu-Ibu Pengurus Dawis Desa Grebegan Dan Kepala Puskesmas Kalitidu.

Tujuan utama dari pertemuan ini adalah untuk Mensosialisasikan Dan Melaunching PIS PK Kepada Masyarakat Khususnya Warga Masyarakat Desa Grebegan Yang mana Warga Di Desa Grebegan ini Tingkat Perekonomian Masih Menengah Kebawah.



Selain Itu Juga Pertemuan ini untuk Menyamakan perspsi tentang program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga bagi petugas puskesmas selaku pelaksana pergerakan kunjungan keluarga dan petugas lintas program di dinkes guna mendukung upaya Germas dan keluarga sehat.

Dalam kesempatannya Sudiono selaku Kades Grebegan mengatakan Bahwasanya Masyarakat Harus mampu menerima dan mengikuti Program PIS PK ini guna Menjadikan Desa Grebegan Yang Sehat Dan Produktif.

“Saya Harap Masyarakat Mau menerima dan mengikuti Program PIS PK ini, agar Bisa mewujudkan Desa Grebegan Yang Sehat Dan Produktif,ujar Kades.

Program Indonesia Sehat dilaksanakan dengan menegakkan tiga pilar utama, yaitu:
(1) penerapan paradigma sehat,
(2) penguatan pelayanan kesehatan,
(3) pelaksanaan jaminan kesehatan nasional (JKN).

Penerapan paradigma sehat dilakukan dengan strategi utama kesehatan dalam pembangunan, penguatan upaya promotif dan preventif, serta pemberdayaan masyarakat.

Penguatan pelayanan kesehatan dilakukan dengan strategi peningkatan akses pelayanan kesehatan, optimalisasi sistem rujukan, dan peningkatan mutu menggunakan pendekatan continuum of care dan intervensi berbasis risiko kesehatan.

Ditempat yang sama Juga Sekcam Kalitidu juga menyampaikan Bahwasanya Program PIS PK ini wajib dan harus di ikuti oleh masyarakat mengingat akan pentingnya Kesehatan dalam Membangun Keluarga yang Sehat.

” Program ini tidak Program Dari Puskesmas ataupun dari Diknas Kabupaten, Namun Program ini secara Nasional dari Kementerian Kesehatan,yang Selanjutnya Akan dilaksanakan oleh Puskesmas setempat dan Pemdes Kepada Masyarakat,ujar Sekcam.

“Selain itu juga sosialisasi PIS PK ini sengaja dilaksanakan di Desa Grebegan dikarenakan Desa Grebegan merupakan Desa Yang Masyarakatnya Masih tergolong Ekonomi Menengah Kebawah,dan Mudah-mudahan dengan adanya PIS PK ini saya berharap warga masyarakat harus bisa menerima dan Program PIS PK ini,Pungkas Sekcam.

Disamping itu juga Salah satu perwakilan Dari Petugas Kesehatan Puskesmas Kalitidu mengatakan bahwasannya Sehat itu penting dan Dalam Pertemuan Ini pihaknya akan Menjelaskan tentang 12 indikator dalam Kegiatan PIS PK diantaranya :

1) keluarga mengikuti program Keluarga Berencana (KB),
2) Ibu melakukan persalinan di fasilitas kesehatan,
3) Bayi mendapat imunisasi dasar lengkap,
4) Bayi mendapat air susu ibu (ASI) ekslusif,
5) Balita mendapatkan pemantauan pertumbuhan,
6) Penderita tuberkulosis paru mendapatkan pengobatan sesuai standar,
7) Penderita hipertensi melakukan pengobatan secara teratur,
8) Penderita gangguan jiwa mendapatkan pengobatan dan tidak ditelantarkan,
9) Anggota keluarga tidak ada yang merokok,
10) Keluarga sudah menjadi anggota Jaminan Kesehatan Nasional (JKN),
11) Keluarga mempunyai akses sarana air bersih,
12) Keluarga mempunyai akses atau menggunakan jamban sehat.

Selanjutnya setelah adanya Sosialisasi ini Ada tindak lanjut dari Petugas yang ada untuk segera melaksanakan Tugas nya Sesuai Tupoksi Yang Ada.

(Agus)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry



Categorised in:

No comment for Dukung Program PIS PK, Pemdes Grebegan Adakan Sosialisasi Dan Launching Kepada Masyarakat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *