Friday, 24-09-2021 12:14:46 pm

BREAKING NEWS

Mengenal Sosok Syekh SubakirTotal Viewed #41052 Views

BREAKING NEWS

Mengenal Sosok Syekh Subakir.#41052 Views
Home / / Detail berita
(424 Views) December 28, 2017 3:42 pm

Kapolres Bojonegoro, Integritas Dalam Penyelenggaraan Pemilu Itu Sangatlah Penting

AliansiNews -


aliansirakyatnews.com, Bojonegoro – Independensi dan integritas penyelenggara menjadi penentu sukses tidaknya pelaksanaan Pilgub dan Pilbup yang jujur dan adil di Kabupaten Bojonegoro, karena Penyelenggara Pemilu adalah salah satu faktor krusial dalam mewujudkan pemilu yang berintegritas.

Hal itu diungkapkan oleh Kapolres Bojonegoro, AKBP Wahyu S Bintoro, saat menghadiri Rakor (Rapat Koordinasi) Panwaslu (Panitia Pengawas Pemilu) dengan Steakholder dan pembentukan Sentra Gakkumdu pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati tahun 2018 di Dewarna Hotel Bojonegoro, Kamis (28/12/2017) siang.



Kapolres juga menegaskan bahwa, Polri berkomitmen menjaga netralitas dan pihaknya akan melakukan pengawasan terhadap anggotanya dalam pelaksanaan pesta demokrasi mendatang.

“Penyelenggara Pemilu harus independen dan berintegritas untuk menghindari kecurigaan terhadap proses pemilu,” kata Kapolres.

Dengan telah dibentuknya Sentra Gakkumdu, Kapolres menyampaikan bahwa Kepolisian dan Kejaksaan (sebagai penyidik dan penuntut) bertugas pada saat diterimanya laporan dan atau temuan oleh Panwaslu.

Dikatakan oleh Kapolres, Kepolisian dan Kejaksaan melakukan pendampingan kepada Panwaslu dalam proses penanganan pelanggaran, baik pada tahap penerimaan laporan atau temuan, penentuan pasal yang diduga telah dilanggar, pengumpulan alat bukti, pemeriksaan para pihak (pelapor, saksi dan terlapor), sampai pada kajian.

Hal tersebut sebagaimana diatur pada Pasal 15 ayat (2) Peraturan Bersama Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia, Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, dan Jaksa Agung Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2016, Nomor 01 Tahun 2016, Nomor 010/JA/11/2016 Tentang Sentra Penegakan Hukum Terpadu Pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota.

“Dengan telah dibentuknya Sentra Gakkumdu, kami berharap hal itu dapat dijadikan sebagai wadah koordinasi antara tiga lembaga yaitu Panwaslu, Polri dan Kejaksaan untuk menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan pemilihan umum,” terang Kapolres.

Sementara Komisioner Divisi Hukum dan Penindakan Panwaslu Kabupaten Bojonegoro Sdr. Mujiyono dalam paparannya terkait dengan Gakkumdu, pihaknya meminta bimbingan dari Polres dan Kejaksaan.

Karena menurutnya, Panwas merupakan orang baru dan nantinya diharapkan menjadi pengalaman baru dalam menangani permaslahan yang terjadi di perhelatan Pemilu.

Penulis : Agus
Editor : Red
Publisher : Admin

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Categorised in: