Thursday, 28-03-2024 04:40:25 pm

Breaking News

Listrik Mati 9 Jam, Puluhan Warga Datangi Kantor PLN Kudus
Home / / Detail berita

Diserang Wereng, Petani Padi Di Ngujo Mengeluh

AliansiRakyatNews -
(1104 Views) Sabtu, 21 Oktober 2017 - 4:26



Reporter : AGUS KUPRIT

aliansirakyatnews.com, BOJONEGORO
Sejumlah petani padi sawah di Desa Ngujo Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro, mengeluh akibat hasil panen tahun ini mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Yono salah seorang petani sawah di Desa Ngujo mengungkapkan turunnya hasil produksi sawah tahun ini dikarenakan banyaknya hama wereng (kresek), Tikus bahkan Burung Emprit yang memakan padi saat proses berbuah.



Akibat banyaknya penyakit tanaman padi yang menyerang tentu saja akan mempengaruhi hasil produksi gabah dan bahkan bisa membuat tanaman padi mati.

“Tahun ini agak turun produktifitasnya pada hal tahun lalu bagus hasilnya, kata Yono saat di temui di rumhanya, Sabtu (21/10/17)

Yono mengatakan bahwa turunya produksi padi tahun ini hampir merata di seluruh petani padi di wilayah Kecamatan Kalitidu khususnya di Desa Ngujo.

Untuk mengatasi hal tersebut berbagai obat-obatan untuk membasmi hama tanaman padi telah dicoba namun tidak bisa menghilang. Oleh karena itu saat ini para petani mencoba membuat bunyi-bunyian berupa Rekaman Suara untuk mengusir Hama seperti Burung dan Hama lainnya.

Dirinya berharap untuk musim tanam berikutnya Pemerintah Kabupaten khususnya Dinas Pertanian bisa turun membantu memberikan penyuluhan mengatasi sejumlah hama yang menyerang tanaman padi, selain itu pihak pemerintah juga bisa sedikit memberikan bantuan pupuk atau obat hama sehingga hasil produksi para petani bisa kembali baik.

Reporter : Kuprit
Editor : Agus

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Categorised in: