Saturday, 16-10-2021 12:29:41 am

BREAKING NEWS

Mengenal Sosok Syekh SubakirTotal Viewed #41285 Views

BREAKING NEWS

Mengenal Sosok Syekh Subakir.#41285 Views
Home / / Detail berita
(603 Views) October 14, 2017 9:50 am

173 Kabupaten/Kota Ikuti Lomba Kabupaten Sehat

AliansiNews -



Reporter : MUDJI

aliansirakyatnews.com, TUBAN – Kabupaten Sehat merupakan suatu kondisi kabupaten yang bersih, nyaman, aman, dan sehat, yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dan kegiatan yang terintegrasi, dan merupakan hasil kesepakatan masyarakat dengan pemerintah.

Ketua Tim Verifikasi Nasional Deki Frandola dari Kementerian Kesehatan saat ditemui di Pendapa Krida Manunggal, kemarin malam, mengatakan, adanya verifikasi bertujuan untuk mewujudkan suatu kondisi kota atau kabupaten yang bersih, nyaman aman dan sehat yang dilakukan melalui berbagai kegiatan berbasis masyarakat dan difasitasi oleh pemkab yang dilakukan secara berkesinambungan.



“Tahun ini, tercatat Kabupaten Sehat diikuti oleh 173 kabupaten/kota dari 26 provinsi. Angka ini mengalami peningkatan dari 2015 yang hanya diikuti oleh 147 kabupaten/ kota,’’ terang Deki.

Terkait dengan kegiatan verifikasi yang dilaksanakan per dua tahun sekali ini, Tuban baru mengikuti tahun ini. Meskipun terlambat, karena telah dimulai sejak 1958 dan ditegaskan kembali melalui Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri an Menteri Kesehatan Nomor 34 tahun 2005 nomor 1138/MENKES/PB/VIII/2005, saat ini, di Indonesia ada 160 kabupaten/ kota yang belum mengikuti. Oleh karena itu, Deki mengatakan tidak ada kata terlambat, dan sangat mengapresiasi Kabupaten Tuban.

Selain pemantauan yang dilakukan di Kabupaten Tuban, tim ini nantinya juga akan melaksanakan pembinaan agar kota atau kabupaten yang dituju mendapatkan penghargaan Swasti Saba, yaitu penghargaan yang diberikan pemerintah atas keberhasilan dalam menyelenggarakan Kabupaten Sehat.

Deki menambahkan, program Kabupaten Sehat ini bukan tanggung jawab dari sektor kesehatan saja, tetapi program sinergi antarinstansi, di antaranya bappeda, dinas PUPR, dishub, dinsos serta banyak sektor yang berhubungan di dalamnya.

“Verifikasi yang dilaksanakan setiap dua tahun bukanlah untuk mencari pemenang, tetapi untuk melaksanakan pembangunan yang sehat, serta lebih dari itu, adanya kemitraan yang baik antar pemerintah dengan masyarakat,’’ terangnya.

Sementara itu, lokasi atau titik pantau tim verifikasi di antaranya, SD Kebonsari 1, Puskesmas Tuban, Bank Sampah Permata Bonang Kelurahan Perbon, Pasar Baru Tuban, dan Desa Ngino, Kecamatan Semanding dalam program Kotak Pedes, serta Desa Ngadipuro, Kecamatan Widang meliputi Taman Posyandu dan Desa Siaga.

Editor : Red

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Categorised in: