Sunday, 19-09-2021 08:11:24 pm

BREAKING NEWS

Mengenal Sosok Syekh SubakirTotal Viewed #40996 Views

BREAKING NEWS

Mengenal Sosok Syekh Subakir.#40996 Views
Home / / Detail berita
(1359 Views) October 5, 2017 9:08 am

Ritual Nyadran Masyarakat Prambontergayang Di Makam Krapyak.

AliansiNews -



Reporter : AGUS KUPRIT

aliansirakyatnews.com, TUBAN – bertempat di Makam Krapyak Dusun Banaran Desa Prambontergayang Kecamatan Soko Kabupaten Yuban, berlangsung rangkaian acara tradisi turun-temurun dari leluhur mereka yaitu Nyadran. Nyadran Makam Krapyak kali ini hampir sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Kamis 05 oktober 2017.

Dengan rangkain acara yang dimulai pada malam harinya dengan Pengajian dan Hadroh serta pembacaan Al-Quran dan siangnya di lanjutkan oleh kurang lebih 300 warga masyarakat setempat dengan membawa berbagai macam makanan (berkat, Red) di makam Krapyak untuk di do’akan dan selanjutnya di makam bersama-sama.




“Nyadran Makam Krapyak diadakan pada tiap satu tahun sekali dan tepatnya pada hari Kamis Pon,ini kami lakukan selain untuk mengingatkan masyarakat pada leluhur Di Desa Prambontergayang, ini juga sebagai bentuk Rasa Syukur kita kepada Allah Swt, Atas Semua Rizki-Nya, dan juga sebagai wujud Uri-Uri adat tradisi Jawa,ujar Mbah Pardi Selaku Juru Kunci Makam Krapyak.

Setelah warga masyarakat beserta Aneka Makanan nya sudah di kumpulkan semua Kemudian dilanjutkan dengan doa bersama, Kenduri oleh warga setempat di makam Krapyak yang di pimpin Oleh Pak Maslihin Selaku Modin Desa.


“Nyadran adalah ziarah kubur ke makam keluarga yang biasa dilakukan oleh masyarakat,dan pada warga masyarakat Dusun Banaran Khususnya, mereka menyembelih Kambing di halaman Makam tersebut dengan tujuan,kambing punya sifat tidak punya sopan (ora duwe dugo,Jawa Red), oleh karena itu penyembelihan Kambing ini sebagai simbol dan makna agar masyarakat desa kami yang mempunyai Sifat berani kepada orang tua,berani kepada Allah,berani kepada Negara dan agama bisa hilang,ujar S.Handoko.W,SH. Selaku Kepala Desa Prambontergayang.


“Mudah-mudahan dengan wujud bakti masyarakat terhadap Allah SWT dan Para leluhurnya yang di wujudkan dalam Sedekah Bumi ini,kedepannya nanti bisa menjadikan masyarakat Prambontergayang yang religius, Nasionalis, dan tentunya Bumi kita akan semakin Gemah Ripah Loh Jinawi, Tenteram Kerto Raharjo,pungkas Kades.

Editor : Red

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry



Categorised in: