Thursday, 28-03-2024 05:35:07 pm

Breaking News

Pemkab Lamongan Dapatkan Bantuan Alsintan Sebanyak 154 Unit
Home / / Detail berita

Meriahkan HUT ke-72 TNI, Lanal Batuporon Tanam Mangrove Di Dua Lokasi Berbeda

AliansiRakyatNews -
(753 Views) Selasa, 3 Oktober 2017 - 4:31



Reporter : ADI/Hum

aliansirakyatnews.com, GRESIK –Untuk memeriahkan peribgatan HUT ke-72 TNI 2017, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Batuporon, Lantamal V melalui Posal Pagerungan dan Poskamladu Gresik melaksanakan penanaman pohon Mangrove di dua lokasi berbeda dalam rangka Pemeliharaan Lingkungan Hijau, Selasa (3/10).

Pelaksanaan penanaman mangrove berada di Pantai Togo-Togo Kecamatan Sapeken Kabupaten Sumenep dan di sungai kali Mireng (Go Green) desa Manyarejo dan Manyar Sidomukti kecamatan Manyar kabupaten Gresik.



Kegiatan penanaman mangrove dilaksanakan selama dua hari berturut-turut dan di dua lokasi berbeda yaitu Kecamatan Sapeken kabupaten Sumenep yang diikuti oleh siswa-siswi SMPN 2 Sapeken dan Perwakilan PT. Kei, Ltd (Komdev).

Sebanyak 100 siswa dan 15 orang guru serta 10 orang dari PT. Kei,Ltd melakukan menanam mangrove sebanyak 1200 pohon dengan luas areal yang ditanami 25 m X 1000 m = 25000 M².

Sedangkan di kabupaten Gresik bekerja sama dengan POKMASWAS desa Manyarejo, kelurahan Manyar, kelompok konservasi mangrove desa manyar, perwakilan BKMS, Dinas Perikanan Kabupaten Gresik, HNSI Cabang gresik, Koramil Manyar, Satpolair Polres Gresik dan karang taruna desa manyar komplek juga melakukan hal yang sama yaitu melaksanakan penanaman manrove.

Komandan Lanal Batuporon Letkol Mar Ena Sulaksana,S.E., menyatakan, penanaman pohon mangrove ini nantinya akan banyak memberikan manfaat bagi kehidupan, menjaga keseimbangan ekosistem alam yang terdapat disekitar hutan mangrove dan dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan serta kualitas ekosistem alam terutama wilayah laut yang saat ini mulai banyak terkikis atau tergerus oleh ombak.,” ujarnya.

Ena sapaan akrab Danlanal Batuporon ini juga menyampaikan bahwa Pohon mangrove merupakan komunitas tumbuhan pesisir yang memiliki manfaat sangat besar, antara lain sebagai penyedia nutrien dan zat hara penting. Serta mempunyai fungsi fisik yang sangat besar seperti menjaga daerah pesisir dari abrasi dan gelombang air laut.

“Hutan mangrove nantinya akan banyak memberikan manfaat bagi kehidupan, baik itu manusia maunpun sebagai keseimbangan ekosistem alam yang terdapat disekitar hutan mangrove,” ujarnya.

Dengan gerakan penghijauan ini, dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan dan kualitas ekosistem alam terutama wilayah laut yang saat ini mulai banyak terkikis atau tergerus oleh ombak, pungkasnya.

Editor : Red
Humas Lantamal V

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry



Categorised in: